Jawa Pos

Komputer Logout Mendadak, Peserta Ujian Panik

Ujian Sekolah Hari Pertama

-

GRESIK – Hari pertama ujian sekolah berstandar nasional (USBN) berlangsun­g di 36 SMA mulai kemarin (15/3). Ribuan peserta mengerjaka­n soal ujian berbasis komputer. Beragam kendala muncul.

Berdasar pantauan Jawa Pos, sejumlah kendala mewarnai jalannya USBN hari pertama. SMAN 1 Kebomas, misalnya. Sejumlah komputer tibatiba logout. Padahal, saat itu siswa mengerjaka­n soal. Konsentras­i mereka pun terganggu. ’’Panik karena komputer tiba-tiba blank,’’ kata Irma Herawati, seorang siswa SMAN 1 Kebomas.

Saat itu Irma mengerjaka­n soal pendidikan agama Islam (PAI) sesi ketiga. Nah, di tengah konsentras­i mengerjaka­n soal esai, komputerny­a mendadak logout. Padahal, dia belum tuntas mengerjaka­n soal. Irma pun meminta bantuan proktor agar komputer bisa diaktifkan kembali. ’’Ternyata temanteman lain mengalami hal serupa. Alhamdulil­lah, komputer aktif lagi,’’ ucapnya.

Kondisi serupa terjadi di SMAN 1 Gresik. Proktor utama Jaenuri mengakui bahwa sebagian besar masalah terjadi karena komputer siswa logout. Baik pada sesi pertama, kedua, maupun ketiga. Namun, kendala di ruang ujian itu bisa diatasi proktor. ’’Caranya, reset ulang, kemudian memasukkan username dan password siswa,’’ jelasnya.

Untunglah, siswa yang komputerny­a blank tidak sampai mengulang mengerjaka­n soal. Setelah client berfungsi normal, siswa langsung mengerjaka­n soal berikutnya.

Lain lagi temuan di SMAN 1 Cerme. Pada sesi pertama, jaringan client di ruang ujian tidak berfungsi. Kondisi itu berlangsun­g cukup lama sebelum sesi pertama dimulai pukul 07.30. Setelah diperiksa, permasalah­an tersebut dipicu pemasangan kabel local area network (LAN) yang tidak sinkron dengan jaringan internet dan client. Penyebabny­a mungkin kabel tertukar. Jaringan sempat tidak berfungsi. ’’Syukurlah bisa difungsika­n,’’ ujar proktor utama SMAN 1 Cerme Sabar Yartono.

Kepala Cabang Dispendik Wilayah Gresik Puji Hastuti menyatakan, USBN secara umum berlangsun­g lancar. Namun, dia tidak membantah temuan kendala di sejumlah sekolah. Dia meminta siswa tidak cepat panik. Sebab, setiap sekolah memiliki proktor yang stand by. Bahkan, jika proktor setempat tidak bisa mengatasi, proktor lembaga lain siap membantu. ’’Prinsipnya, siswa harus tenang. Tidak ada kendala yang tidak bisa diatasi,’’ tutur Puji.

Kemarin siswa mengerjaka­n soal pendidikan agama Islam (PAI). Soal terdiri atas 50 butir. Masing-masing 45 pilihan ganda dan 5 soal esai. Hari ini diujikan mata pelajaran biologi bagi jurusan IPA, geografi untuk IPS, dan antropolog­i di jurusan bahasa. (mar/c14/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANGJA­WA POS ?? SERIUS: Siswi SMAN 1 Gresik sedang mengerjaka­n soal ujian pendidikan agama kemarin.
GUSLAN GUMILANGJA­WA POS SERIUS: Siswi SMAN 1 Gresik sedang mengerjaka­n soal ujian pendidikan agama kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia