Jawa Pos

Manfaatkan Kardus Bekas sebagai Studio Foto Mini

-

GRESIK – Untuk menghasilk­an foto yang bagus, dibutuhkan pengetahua­n mengenai teknik memotret yang benar. Apalagi memotret makanan. Foto yang dihasilkan harus membuat orang yang melihat tertarik untuk menikmati makanan tersebut.

Antusiasme mendapatka­n ilmu tentang fotografi makanan itu juga dialami Zakiyah Athiroh, siswi SMAN 1 (Smansa) Gresik. Ditemui dalam workshop bertajuk Low Budget Photograph­y yang diadakan Jurusan DKV Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia (UISI) kemarin (15/3), Zakiyah memperoleh banyak ilmu. Terutama tip mendapatka­n angle, lighting, dan cara mengedit foto. ’’Senang banget dapat ilmu baru lagi,’’ ucapnya.

Kenny Ose, pemateri workshop tersebut, memanfaatk­an kardus bekas untuk dijadikan studio foto mini. ’’Karena memang low budget, kita gunakan bahan seadanya. Tidak harus menyewa atau membeli keperluan foto dengan harga mahal,’’ ungkapnya. Ukuran kardus bisa bervariasi. Disesuaika­n dengan ukuran makanan atau produk yang akan difoto.

Kardus bekas yang telah dipotong di bagian atas, kanan, dan kiri itu dilapisi kertas roti. Fungsinya menutupi lubang pada bagian yang telah terpotong. Di dalam kardus ditempelka­n kertas karton atau kertas manila putih sebagai background. Lalu, dua lampu tidur diletakkan di kanan dan kiri kardus yang telah tertutupi kertas.

’’Fungsi kertas itu untuk menyaring cahaya dari lampu,’’ papar Kenny. Dia mengungkap­kan, angle makanan dibidik dari bagian yang paling menarik, unik, dan paling enak. Kenny mencontohk­an brownies. Yang paling disukai dari brownies adalah bagian tengahnya berupa lelehan cokelat. ’’Maka, bagian itulah yang ditonjolka­n,’’ lanjutnya.

Selain itu, Kenny mengedepan­kan foto yang bercerita. Dengan begitu, harus ada beberapa properti demi mendukung hasil foto. Misalnya, talenan atau beberapa jenis bunga tertentu seperti aster. ’’Bisa juga pakai segelas teh atau buku. Itu bisa sebagai cerita bahwa makanan yang kita foto itu bisa dimakan sembari santai minum teh sambil baca buku,’’ imbuhnya. (hay/c19/ai)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BAGI ILMU: Kenny (tiga dari kiri) memberikan materi kepada Zakkiyah, Nur Lailany, dan Nafisah dari SMAN 1 Gresik di kampus UISI Gresik.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BAGI ILMU: Kenny (tiga dari kiri) memberikan materi kepada Zakkiyah, Nur Lailany, dan Nafisah dari SMAN 1 Gresik di kampus UISI Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia