Jawa Pos

SemogaLahi­r ’’CR7’’ dari Surabaya

Futsal menjadi salah satu olahraga favorit warga Surabaya. Kini warga tidak harus berjalan jauh untuk mencari lapangan futsal. Sebab, sudah ada 103 lapangan yang dibangun di kecamatan-kecamatan. Jumlahnya masih bisa bertambah.

-

NAUFAL dan Figur asyik menggiring bola di lapangan futsal Gang Dolly. Siang yang terik tidak begitu mereka pedulikan. Keduanya lebih peduli pada bola yang ada di depan mata.

Rutinitas bermain futsal menjadi agenda rutin remaja kawasan Jalan Kupang Gang Timur 1 itu sejak lapangan futsal dibangun pada Desember lalu. ’’Pulang sekolah bisa langsung main. Tapi, seringnya pas libur, Minggu,” kata Naufal.

Lapangan futsal di kampungnya itu bikin hatinya dan kawan-kawan sepermaina­n bungah. Remaja 12 tahun tersebut bersama temanteman­nya bisa bermain futsal kapan pun. Selain futsal, area lapangan sering kali digunakan sebagai tempat berkumpul warga. Untuk sekadar bermain bersama maupun bercengker­ama. Di pinggir lapangan, ada permainan seluncur dan jungkat-jungkit. Jadi, nuansa lapangan lebih ramai.

Lapangan futsal di Gang Dolly tersebut memang tidak terlalu besar. Luasnya hanya sekitar sepetak rumah, yakni 5 x 3,5 meter. ’’Dulu memang rumah warga. Bekas wisma nomor 17,” ungkap Muhammad Ridwan Tanro. Meski begitu, keberadaan­nya memberikan dampak positif. Lapangan futsal yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu menggiatka­n semangat warga. Terutama bidang olahraga. ’’Sebelumnya nggak ada olahraga apa-apa di sini,” terang bendahara RT tersebut.

Di perbatasan Kecamatan Jambangan dan Karang, juga ada lapangan futsal untuk warga. Tepatnya di Taman Jangkar (Jambangan dan Karang). Lapangan itu biasa digunakan warga. Jadwalnya memang tak ditentukan. Asal kumpul dan pakai. Meski be- gitu, warga cukup kompak dan toleransi perihal pemakaiann­ya.

Lapangan futsal menggunaka­n rumput sintetis. Dilengkapi pula gawang, bangku tunggu, dan pagar kawat untuk menghalang­i bola supaya tidak terpental keluar. Di bagian taman lain, ada beberapa pria yang masing-masing membawa alat pancing. ” Woo banyak ikannya. Sampeyan mau apa?” ucap salah seorang pria yakin.

Taman Jangkar memiliki tempat penampunga­n sementara air hujan. Dahulu, tempat itu difungsika­n sebagai karamba oleh pemerintah kota. Ratusan ikan beragam jenis seperti nila, lele, dan mujair masih tinggal di dalamnya dan menjadi hiburan warga.

”Lumayan. Bisa untuk hiburan. Yang bosan di rumah tinggal ke sini, mancing. Umpannya pakai lumut atau cacing,” papar mantan pengurus RT 3, RW 5, Ahmad Marzuki. Dia sedang duduk-duduk santai dengan beberapa tetanggany­a. Para pemancing memiliki spot favorit masing-masing. Tetapi, yang paling laris di bawah pohon kersen. Tempat itu teduh.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Afghani Wardhana menerangka­n, pemkot sengaja memperbany­ak lapangan futsal. Harapannya, kelak bisa lahir bintangbin­tang sepak bola baru dari Surabaya. ’’Ibu (Wali Kota Tri Rismaharin­i, Red) penginnya lahir ’Cristiano Ronaldo (CR7)’ dari Surabaya,’’ jelas Afghan saat ditemui di kantornya. ’’ Wes talah, nanti pasti buanyak pemain top yang lahir dari Surabaya,” katanya yakin. Selain lapangan futsal, Surabaya sudah memiliki 33 lapangan sepak bola, 79 lapangan basket, 90 lapangan voli, 16 lapangan bulu tangkis, dan banyak lagi olahraga lainnya. (bri/esa/sal/c7/jan)

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? DEKAT PANTAI: Lapangan futsal di Taman Bulak dilihat dari atas. Di kawasan Surabaya Utara, selain ini, masih ada 11 lapangan lainnya yang bisa dimanfaatk­an warga untuk berolahrag­a.
YUYUNG ABDI/JAWA POS DEKAT PANTAI: Lapangan futsal di Taman Bulak dilihat dari atas. Di kawasan Surabaya Utara, selain ini, masih ada 11 lapangan lainnya yang bisa dimanfaatk­an warga untuk berolahrag­a.
 ??  ??
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? ASYIK SELUNCUR Lapangan yang menyatu dengan Taman Jangkar juga dilengkapi dengan arena bermain anak-anak.
DITE SURENDRA/JAWA POS ASYIK SELUNCUR Lapangan yang menyatu dengan Taman Jangkar juga dilengkapi dengan arena bermain anak-anak.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TENGAH KOTA: Terlihat remaja bermain futsal di Taman Mayangkara. Meski lalu lintas di sekitarnya padat, warga tetap antusias memanfaatk­annya.
DITE SURENDRA/JAWA POS TENGAH KOTA: Terlihat remaja bermain futsal di Taman Mayangkara. Meski lalu lintas di sekitarnya padat, warga tetap antusias memanfaatk­annya.
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? BEKAS WISMA: Meski ukurannya kecil, warga gang Dolly senang punya lapangan yang bisa digunakan anak-anak bermain sepulang sekolah.
GHOFUUR EKA/JAWA POS BEKAS WISMA: Meski ukurannya kecil, warga gang Dolly senang punya lapangan yang bisa digunakan anak-anak bermain sepulang sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia