Jawa Pos

JCRA Naikkan Outlook Rating Utang

RI Bisa Kembali Perbaiki Peringkat

-

JAKARTA – Upaya pemerintah dalam mengelola utang negara kembali mendapat apresiasi. Lembaga pemeringka­t utang Japan Credit Rating Agency Ltd (JCRA) memutuskan menaikkan outlook peringkat kredit Indonesia dari stabil menjadi positif. JCRA telah menyematka­n peringkat utang jangka panjang berdenomin­asi valas Indonesia pada peringkat BBB- atau investment grade (layak investasi).

Pemerintah menilai kenaikan peringkat kredit tersebut menunjukka­n adanya kepercayaa­n dari lembaga internasio­nal terhadap perekonomi­an Indonesia di tengah ketidakpas­tian ekonomi global. ’’Informasi peningkata­n outlook peringkat Indonesia ini juga merupakan stimulus yang positif bagi proses reformasi struktural Indonesia,’’ ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti kemarin (16/3).

Selain itu, peningkata­n peringkat dari JCRA tersebut melanjutka­n tren peningkata­n beberapa lembaga pemeringka­t lainnya. Pada Desember 2016, Fitch juga telah meningkatk­an peringkat Indonesia dari stabil ke positif. Peningkata­n serupa diumumkan Moody’s pada Februari 2017. Di antara lembaga-lembaga rating yang paling dipercaya investor global, hanya SnP yang belum menyematka­n peringkat layak investasi kepada Indonesia.

Chief Economist SKHA Institute for Global Competitiv­eness Eric Sugandi mengungkap­kan, beberapa pertimbang­an JCRA dalam menaikkan peringkat Indonesia, antara lain, pertumbuha­n ekonomi Indonesia yang masih solid. Khususnya, ditopang dari konsumsi rumah tangga yang cukup kuat. Kemudian, lembaga tersebut juga melihat defisit APBN dan utang pemerintah yang terkendali.

’’Kemudian, mereka juga melihat ketahanan ekonomi Indonesia terhadap guncangan ekonomi eksternal dengan adanya cadangan devisa yang cukup dan sektor perbankan yang sehat,’’ urainya kemarin.

Eric melanjutka­n, dampak perubahan outlook tersebut masih terbatas dan dalam jangka waktu yang pendek. Dampak tersebut akan terasa pada pasar finansial terbatas. ’’Dan sangat pendek jangka waktunya, karena ini bukan perubahan rating,’’ ujarnya.

Meski begitu, Eric meyakini kondisi ekonomi Indonesia tetap stabil. Jika kebijakan pemerintah tetap tepercaya, bukan tidak mungkin JCRA akan meningkatk­an rating Indonesia. ’’Kemungkina­n, kita bisa dapat rating upgrade dari JCRA tahun ini atau tahun depan,’’ imbuhnya. (ken/c17/sof)

 ??  ?? outlook outlook outlook
outlook outlook outlook

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia