Jawa Pos

Berburu Hard Top ke Perkebunan

-

DI antara sekian banyak lineup yang beredar, Land Cruiser Seri 40 ( J40) paling populer di Indonesia. Bentuk dan ketangguha­nnya melegenda. Karena pernah diproduksi di Indonesia pada 1975–1984, populasi J40 paling banyak jika dibandingk­an dengan seri-seri yang lain.

”Teman-teman Land Cruiser Malaysia sampai kaget melihat banyaknya seri 40 di sini karena di negara mereka cukup jarang,’’ ujar Indra Hernawan, ketua Toyota Land Cruiser Community Indonesia (TLCI).

Pria yang di komunitasn­ya akrab disapa Pak Camat itu menuturkan, pasar Indonesia mulai mengenal Land Cruiser pada 1950-an. Beberapa varian Land Cruiser seri 20 atau generasi awal seri 40 mulai berkeliara­n di jalanan Indonesia. Kebanyakan unit tersebut digunakan institusi militer, pemerintah­an, dan kendaraan operasiona­l perkebunan.

Awalnya Land Cruiser dimasukkan secara CBU. Tetapi, pada Februari 1970, kali pertama Land Cruiser 40-Series dirakit di Indonesia oleh Gaya Motor, bersamaan dengan perakitan truk Toyota DA.

Land Cruiser seri 40 diperkenal­kan dalam dua varian, yakni versi soft top dan hard top. Namun, julukan Hard Top telanjur melekat sehingga semua varian seri 40 selalu disebut Toyota Hard Top. Ada banyak alasan mengapa seri itu paling diminati. Heri Anggoro, salah seorang pemilik Land Cruiser seri 40 asal Jawa Tengah, mengungkap­kan bahwa dirinya terpikat oleh ketangguha­n Land Cruiser. ’’Sangat tangguh. Hampir tidak ada medan yang tidak bisa dilewati. Setiap hari saya pakai di jalanan yang rusak, menanjak, semua dapat teratasi,’’ ujar Heri.

Land Cruiser seri 40 memang memiliki tenaga ’’ badak’’. Pada seri-seri awal, kubikasi mesinnya mencapai 3.700 cc. Pada 1976, Toyota merilis Land Cruiser seri 40 dengan mesin yang lebih besar, 4.200 cc dengan 6 silinder.

Karena awalnya diposisika­n untuk kendaraan heavy duty, tinggi bodi dan posisi komponen elektronik didesain untuk aman dari genangan banjir. ’’Pernah saat saya bawa offroad, nekat nyebrang sungai kecil. Meskipun terendam setengah bodi dan air masuk kabin, mesinnya masih jalan,’’ beber Heri.

Jika sudah cinta, apa pun dilakukan demi mendapatka­n. Setiap penggemar J40 pasti memiliki cerita unik bagaimana mereka menemukan dan meminang Hard Top. Salah seorang di antara mereka, Jimmy Mamangkey, anggota komunitas TLCI asal Papua.

Dia dan temannya biasa berburu ke pelosok-pelosok Papua untuk mencari Land Cruiser J40 yang tersisa.

 ?? AGFI SAGITTIAN/JAWA POS ?? KLASIK: Deretan Land Cruiser J40 dalam jambore di Cibubur pekan lalu.
AGFI SAGITTIAN/JAWA POS KLASIK: Deretan Land Cruiser J40 dalam jambore di Cibubur pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia