Jawa Pos

Pendapatan Turun, Laba Lipat Dua

-

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) sepanjang tahun lalu mencatatka­n pertumbuha­n laba bersih USD 3,15 miliar. Laba tersebut naik dua kali lipat jika dibandingk­an dengan laba akhir 2016 sebesar USD 1,42 miliar.

Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina Yenni Andayani menyatakan, pemegang saham mengapresi­asi kinerja finansial Pertamina. ”Alhamdulil­lah, kinerja kami dianggap sangat baik,” katanya di kantor pusat Pertamina kemarin (16/3).

Meski demikian, mantan pelaksana tugas Dirut Pertamina itu mengakui bahwa perseroan mengalami tren penurunan pendapatan sejak 2014. Sebab, harga minyak dunia belum membaik sehingga berdampak pada kinerja perusahaan pelat merah tersebut.

”Naik turunnya harga minyak akan memengaruh­i kinerja pertamina. Itulah faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol. Yang bisa dikontrol Pertamina adalah kegiatan efisiensi dan bagaimana operasiona­l bisa dilakukan dengan baik,’’ tuturnya.

Dari sisi pendapatan sejak 2014, tercatat USD 70 miliar, lantas turun menjadi USD 41,76 miliar pada 2015. Tahun lalu pendapatan Pertamina hanya USD 36,49 miliar. ”Walau pendapatan menurun dari 2014 ke 2016, laba bersih naik lebih dari dua kali lipat,’’ lanjutnya.

Kemarin perusahaan pelat merah itu juga membagikan dividen Rp 12,1 triliun. Yenni berharap tren kenaikan laba bersih tersebut terus tumbuh dalam kinerja yang akan datang. ”Kalau lihat Oktober– Desember 2016, ada perlambata­n dalam pertumbuha­n. Tidak seperti pada awal tahun sampai pertengaha­n tahun. Itulah yang mesti diwaspadai,’’ imbuhnya.

Dari sisi biaya operasi yang dikeluarka­n perusahaan tahun lalu, tercatat USD 30,29 miliar dengan laba operasi USD 6,19 miliar. Dengan demikian, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang diraih perusahaan mencapai 26,73 persen atau lebih baik dari 2015 sebanyak 12,28 persen dan 2014 sebesar 8,2 persen.

”EBITDA margin juga terus membaik sejak 2014. Tentu, hal itu menunjukka­n bahwa Pertamina mampu melaksanak­an programpro­gram efisiensi yang didukung hasil kinerja finansial keseluruha­n. Yang jadi perhatian biasanya berapa laba bersihnya,’’ ungkapnya.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menambahka­n, kenaikan signifikan pada kinerja laba perseroan didorong adanya efisiensi. Tahun lalu perseroan berhasil melakukan efisiensi hingga USD 2,67 miliar melalui breakthrou­gh project 2016. Realisasi tersebut lebih tinggi daripada target yang ditetapkan. Yakni, USD 2,13 miliar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia