Jawa Pos

Pembanguna­n Jaringan Listrik Tuntas

- (sli/abi/c18/diq)

BANYUWANGI – Setelah sempat dihadang warga, pembanguna­n jaringan listrik PLN menuju kawasan tambang emas PT Bumi Suksesindo (BSI) di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagun­g, Kecamatan Pesanggara­n, akhirnya tuntas.

Hal itu disampaika­n Senior Manager External Affairs BSI Bambang Wijonarko dalam rilis yang dikirim ke media kemarin (16/3). ’’Kami berterima kasih atas pengertian masyarakat terhadap pembanguna­n jaringan listrik PLN menuju tambang PT BSI,” katanya.

Dia menyatakan, manajemen BSI berdialog dengan masyarakat yang sebelumnya berupaya menghalang­i pemasangan kabel listrik dari PLN. Dalam dialog tersebut, BSI sepakat meningkatk­an komunikasi dengan masyarakat.

Selain itu, dalam penambanga­n, PT BSI akan selalu memberikan rasa aman bagi masyarakat di sekitar wilayah tambang emas. Pihaknya selalu terbuka untuk berdialog dengan warga. ’’Apalagi, dengan kepemilika­n saham oleh pemkab, BSI juga menjadi aset Pemkab Banyuwangi,” tambahnya.

Sebagai bagian dari Pemkab Banyuwangi, PT BSI telah berinisiat­if membantu meningkatk­an taraf hidup masyarakat, termasuk di sekitar kawasan tambang. Berbagai program kemasyarak­atan dijalankan untuk memberdaya­kan warga.

Program-program yang dilakukan BSI tersebut berfokus pada empat sektor. Yakni, pendidikan, kesehatan, infrastruk­tur, dan pengembang­an ekonomi yang berkelanju­tan. ’’Kebanyakan program CSR dilakukan setelah perusahaan tambang berproduks­i. Tapi, kami memulainya jauh sebelum produksi dilakukan agar masyarakat merasakan manfaat tambang secara berkesinam­bungan,” tuturnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, kondisi di sekitar lokasi penambanga­n emas PT BSI di Desa Sumberagun­g, Kecamatan Pesanggara­n, memanas. Warga yang menolak penanaman kabel PLN makin nekat Kamis lalu (9/3). Mereka terjun ke galian yang akan dibuat untuk menanam kabel. Esoknya, warga yang nyemplung di galian itu diangkut polisi untuk dibawa ke tempat yang aman. Akibatnya, terjadi tarik-menarik antara warga dan polisi.

Beberapa warga terpaksa dibopong ke tempat yang jauh dari lubang. Dalam peristiwa tersebut, tiga warga jatuh dan dilarikan ke Puskesmas Pesanggara­n dan Sanggar Medika, Pesanggara­n. Saat evakuasi, warga laki-laki hanya dapat melihat di sekitar galian. Mereka tak bisa berkutik karena jumlah petugas keamanan cukup banyak.

 ?? BSI FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? RAMPUNG: Para pekerja menyelesai­kan pengerjaan pemasangan jaringan listrik PLN menuju PT BSI kemarin.
BSI FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI RAMPUNG: Para pekerja menyelesai­kan pengerjaan pemasangan jaringan listrik PLN menuju PT BSI kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia