Jawa Pos

Empat Overpass untuk Mudik Lebaran 2017

- (and/c11/owi)

JAKARTA – Persiapan mudik Lebaran 2017 tak hanya dilakukan di jalur tol. Titik-titik yang diperkirak­an memicu kemacetan di dalam kota juga diantisipa­si. Misalnya dengan membangun overpass atau jembatan layang di empat titik di Brebes dan Tegal, Jawa Tengah.

Kepala Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VII Herry Marzuki mengatakan, jembatan layang itu dibangun untuk memperlanc­ar arus kendaraan di jalur pantura yang terdapat di Bre- bes dan Tegal. Saat ini progres pembanguna­n empat jembatan layang tersebut sudah 20–30 persen. Artinya masih sesuai dengan target awal. ”Saat arus mudik, sudah bisa dilalui,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (16/3).

Herry menyebutka­n, empat jembatan layang itu dibangun di Dermoleng dan Kretek di Brebes serta Klonengan dan Kesambi di Tegal. Menurut dia, empat jembatan layang tersebut bakal bisa difungsika­n pada awal atau pertengaha­n Juni. ”Mungkin belum diaspal, masih

rigid (cor semen, Red), tapi sudah bisa dilalui,” katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementeria­n PUPR Arie Setiadi Moerwanto optimistis pembanguna­n empat jembatan layang itu bisa selesai sesuai jadwal. Sebab, kendala yang dianggap krusial, misalnya yang terkait dengan pengadaan lahan, pemindahan utilitas listrik PLN, dan palang pintu lintasan kereta api, telah berhasil diatasi. ”Ada dua tempat yang memang menga- lami keterlamba­tan dari jadwal perencanaa­n sebesar 3 persen. Namun, saya yakin masih bisa dikejar,” terangnya.

Menurut Arie, jika melihat perkembang­an hingga pertengaha­n Maret ini, jembatan layang Dermoleng diproyeksi­kan bisa rampung 100 persen saat mudik nanti. Namun, dia juga menyampaik­an bahwa kondisi yang lebih rumit dijumpai pada konstruksi jembatan layang Klonengan di Tegal. Meskipun yakin jembatan tersebut akan bisa di- fungsikan, Arie menyatakan bahwa beberapa hal perlu segera ditangani.

Satu hal yang masih mengganjal terkait dengan sewa lahan kereta api. Meski begitu, Arie berjanji Senin pekan depan bertemu dengan Dirjen Kereta Api dan Dirut PT KAI untuk menyelesai­kan masalah tersebut. ”Kalaupun kami harus menyewa, tidak masalah. Tetapi, mungkin seharusnya tidak menyewa ya karena kan untuk kepentinga­n masyarakat,” sambungnya.

 ?? KEMENTERIA­N PUPR FOR JAWA POS ?? ANTISIPASI MUDIK: Pembanguna­n overpass di jalur pantura ditargetka­n kelar pada Juni 2017. Saat ini dibangun empat overpass di Tegal dan Brebes, Jawa Tengah.
KEMENTERIA­N PUPR FOR JAWA POS ANTISIPASI MUDIK: Pembanguna­n overpass di jalur pantura ditargetka­n kelar pada Juni 2017. Saat ini dibangun empat overpass di Tegal dan Brebes, Jawa Tengah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia