Jawa Pos

Kompetisi Resmi Mulai Bulan Depan

Berlinton Pimpin Liga Profesiona­l

-

JAKARTA – Berlinton Siahaan tetap bertahan di depan kantor Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Gambir, Jakarta Pusat, sore kemarin (16/3). Padahal, mayoritas pengurus klub dan elite PSSI lainnya sudah bergegas meninggalk­an gedung itu sesaat setelah rapat sosialisas­i kompetisi Liga 1 Indonesia berakhir.

Dia baru saja mendapat tanggung jawab yang tidak pernah dibayangka­n sebelumnya. Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengangkat Berlinton sebagai direktur utama PT Liga Indonesia Baru (PTLIB).

Dengan posisi itu, pengusaha asal Medan yang saat ini sukses di Jakarta tersebut menjadi komando pelaksanaa­n kompetisi profesiona­l tanah air. Liga 1 adalah kompetisi kasta tertinggi tanah air yang bergulir pada 15 April nanti. Sementara itu, Liga 2 kom- petisi kasta kedua bergulir pada 23 April mendatang.

”Jujur, jabatan itu adalah tugas terberat selama hidup saya. Sebab, sebelumnya, saya tidak pernah aktif di dunia sepak bola atau mengurus klub sepak bola sekecil apa pun,” kata Berlinton sambil menunggu mobil yang menjemputn­ya. ”Dan, se- kali diberi tugas, eh, jabatannya paling atas lagi. Ngurus kompetisi nasional,” lanjutnya.

Menurut dia, sejatinya, sejak awal, dirinya tidak begitu yakin dengan jabatan tersebut. Sebab, selain berisiko sangat tinggi karena harus berhadapan dengan banyak orang, dia harus mengorbank­an banyak waktu serta me- ninggalkan sejumlah lahan bisnisnya. Namun, karena alasan tugas negara, dia terpaksa menerima jabatan itu.

Kendati berstatus newcomer di belantika sepak bola tanah air, fans berat Manchester United itu memastikan akan memiliki banyak terobosan baru dalam kompetisi musim depan. Namun, dia masih enggan menjelaska­n terobosan baru tersebut dengan alasan harus kembali dirapatkan dengan klub.

Nah, mengenai sponsor utama dalam kompetisi musim baru nanti, Berlinton menggaet salah satu perusahan transporta­si on

terbesar di Indonesia, Go-Jek, selama satu musim ke depan. ”Rencananya, titel kompetisi Liga 1 menggunaka­n nama perusahaan itu,” ujar Berlinton yang enggan menyebut nominal harga dari perusahaan tersebut.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menyebutka­n bahwa pertemuan tersebut sejatinya bertujuan memastikan waktu kickoff Liga 1 pada 15 April mendatang. ”Klub sudah sepakat. Tapi, untuk waktu dan tanggal, kami putuskan pekan depan. Kami juga tidak mau berbicara soal sponsor karena belum sepakat. Nanti kalau sudah deal, segera kami umumkan kepada publik,” timpalnya. (ben/c16/tom)

 ?? SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS ?? line KOORDINASI: Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (dua dari kiri) memimpin manager meeting dengan perwakilan klub peserta Liga 1 di Makostrad, Jakarta, kemarin. Ikut mendamping­i Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono (kiri), Direktur PT Liga Indonesia Baru...
SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS line KOORDINASI: Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (dua dari kiri) memimpin manager meeting dengan perwakilan klub peserta Liga 1 di Makostrad, Jakarta, kemarin. Ikut mendamping­i Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono (kiri), Direktur PT Liga Indonesia Baru...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia