Jawa Pos

Ikut Badminton biar Kurus

-

YONG- dae mengenal badminton sejak kelas II SD. Dia tergabung di klub Samsung Electromec­hanics di kota kelahirann­ya, Hwasun, Jeollanam-do. Sang ibu, Lee Ae-ja, menjelaska­n, putranya tertarik karena ingin kurus. ’’Saat kecil, uri Yong-dae –anak kami– pernah gemuk banget. Supaya bobotnya turun, dia ikut klub badminton lokal,’’ paparnya.

Namun, begitu sudah mencapai bobot ideal, pria yang dua kali diundang di reality show Cool Kiz on the Block tersebut tidak berhenti. Bahkan, di kelas V SD, dia mulai berlatih serius. Memasuki usia 15 tahun, Yong-dae mewakili timnas junior Korea Selatan di event internasio­nal.

Berkarir sebagai atlet, profil Yong-dae ternyata juga memikat para agen artis Korea. Yong-dae mengakui sering mendapat tawaran dari pihak label dan nama besar di industri hiburan. ’’Banyak yang menawari saya jadi idola, entah itu di musik atau film. Tapi, saya merasa lebih mantap di badminton,’’ paparnya.

Kekukuhan itu berbuah manis. Dia meraih medali emas Olimpiade di Beijing pada 2008. Punya wajah dan eye smile yang imut membuat Yong-dae memiliki banyak fans perempuan. Hal itu ternyata tidak bikin kaget sang ibu. ’’Sejak kecil, dia memang baik dan ramah. Makanya, banyak perempuan yang menyukainy­a,’’ kata Ae-ja. Dia juga sempat dijuluki winking prince karena hobinya mengedipka­n mata saat menyapa fans atau kamera.

Berkarir sejak 2003, tahun lalu Yong-dae resmi pensiun dari timnas Korea. Namun, dia akan tetap aktif sebagai atlet profesiona­l. Plus, fokus membikin baper dan patah hati para fans perempuan. Kok bisa? Ya, saat ini Yong-dae sedang menanti kelahiran anak pertamanya. ’’Cucu pertama saya segera lahir. Saya gembira dan bersyukur,’’ papar Ae-ja dengan mata berbinar.

Yong-dae, yang duduk di samping sang ibu, tertunduk malu dan tersenyum. Kekasih Yongdae, aktris Byun Soo-mi (dikenal dengan nama panggung Han Soo- hyun), diperkirak­an melahirkan bayi perempuan pada pertengaha­n tahun ini. (fam/c7/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia