Jawa Pos

Buah Keteguhan Ricardinho

-

JAYAPURA – Tak sia-sia keteguhan komitmen Ricardinho kepada Persipura Jayapura. Kendati kecewa ketika terdepak menjelang bergulirny­a Piala Presiden 2017, gelandang asal Brasil itu kukuh menolak tawaran klub lain.

Sebab, dia hanya ingin berkostum Persipura lagi. Misalnya, saat turut berperan mengantark­an tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut menjuarai Indonesia Soccer Championsh­ip2016.

Keteguhan itu berbuah manis. Pemain 27 tahun tersebut kembali direkrut Persipura. Rabu lalu (15/3) dia ikut latihan perdana bersama rekan-rekan lamanya di Stadion Mandala, Jayapura. ”Saya senang bisa kembali ke Persipura lagi. Saya berterima kasih karena manajemen kembali memercayai saya,” ungkap Ricardinho kepada Cenderawas­ih Pos ( Jawa Pos Group) sebagaiman­a diterjemah­kan pelatih Persipura Alfredo Vera.

Perekrutan kembali mantan pemain klub Brasil Corinthian­s itu tak lepas dari cederanya Robertino Pugliara. Gelandang asal Argentina tersebut harus menepi sekitar enam bulan.

Padahal, Ricardinho dulu terdepak karena Persipura lebih memilih Pugliara sebagai gelandang serang mereka. Selepas dari Persipura, Ricardinho mengaku mendapat tawaran dari Persija Jakarta dan Persib Bandung. ”Mereka panggil saya untuk ikut seleksi lebih dulu. Tetapi, saya langsung menolaknya dengan alasan tetap ingin ke Persipura,” ujarnya.

Dengan hadirnya pemain bernama lengkap Ricardo Silva de Almeida itu, peluang Pugliara untuk kembali ke Persipura sangat tipis. ”Kalau bicara soal Robertino Pugliara, dia kurang beruntung. Begitu datang ke Persipura, dia langsung cedera dan harus istirahat lama,” ucapnya. Freeport Bukan Lagi Sponsor Sementara itu, Persipura harus menerima getah perseterua­n antara PT Freeport Indonesia dan pemerintah Indonesia. Ya, perusahan tambang yang selama ini beroperasi di Papua itu sudah mengambil keputusan resmi untuk tidak lagi menjadi sponsor utama bagi juara Indonesia Soccer Championsh­ip 2016 itu.

Informasi itu disampaika­n langsung oleh sang ketua umum mereka, Benhur Tomi Mano. Menurut Benhur, manajemen PT Freeport Indonesia sudah memastikan secara resmi bahwa mereka tidak mendukung Persipura Jayapura sebagai sponsor.

“Ya, mau tidak mau kami harus terima keputusan itu,” katanya.

Meski begitu, Benhur memastikan bahwa Persipura tidak akan menyerah begitu saja. Sejumlah manuver sedang mereka lakukan untuk mencari sponsor dari pihak lain jelang berpartisi­pasi di Liga 1 musim ini. (ans/ tri/ben/JPG/c16/ttg)

 ?? HANS/CENDERAWAS­IH POS ?? BALIK: Ricardinho (kiri) berlatih bersama Persipura di Stadion Mandala, Jayapura (15/3).
HANS/CENDERAWAS­IH POS BALIK: Ricardinho (kiri) berlatih bersama Persipura di Stadion Mandala, Jayapura (15/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia