Jawa Pos

Mulai Senin Berlaku Parkir Zona

-

SURABAYA – Dinas Perhubunga­n (Dishub) Kota Surabaya akan menerapkan sistem parkir zona mulai Senin (20/3). Beberapa hari sebelumnya, persiapan sudah dilakukan. Di antaranya, memasang rambu penanda kawasan parkir zona serta menyebarka­n edaran kenaikan tarif kepada para juru parkir (jukir) di titik-titik tersebut

Total ada sepuluh titik parkir yang bakal diberlakuk­an parkir zona. Masing-masing titik terdiri atas 3–8 ruas jalan. Ruas-ruas jalan tersebut dianggap memiliki kepadatan lalu lintas yang tinggi sehingga ditetapkan sebagai zona/ kawasan parkir dengan ketentuan khusus. Siapapun yang ingin parkir di tepi jalan-jalan itu akan dikenai tarif dua kali lipat.

Sejak seminggu lalu, petugas dishub memasang rambu-rambu penanda zona parkir. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Surabaya Tranggono Wahyu Wibowo menyatakan bahwa pelaksanaa­n kebijakan parkir zona didasarkan pada Perwali Nomor 3 Tahun 2017 yang terbit pada 6 Februari 2017. Teknisnya lantas dibeberkan dalam surat keputusan (SK) kepala dishub yang terbit pada 10 Maret lalu. ”Begitu ditetapkan, kami langsung bergerak untuk melakukan sosialisas­i,” katanya.

Tranggono mengungkap­kan, parkir zona bertujuan meningkatk­an kelancaran lalu lintas dengan menghilang­kan ham- batan di tepi jalan. Dengan diterapkan­nya sistem itu, intensitas kendaraan yang parkir di jalanjalan yang punya rasio VC ( volume per capacity) tinggi diharapkan berkurang.

Program tersebut merupakan salah satu langkah untuk mendukung upaya pemerintah agar warga Surabaya mau beralih ke transporta­si umum daripada pribadi. ”Kami sekaligus ingin mengedukas­i masyarakat bahwa parkir di titik-titik padat bisa mengganggu lalu lintas,” jelasnya.

Selain itu, mantan kepala UPT Parkir Surabaya Timur tersebut menjamin, penetapan suatu wilayah menjadi kawasan parkir zona tidak akan dibarengi dengan penerapan parkir bersistem pembayaran elektronik.

Selama ini, lanjut dia, yang menjadi keresahan utama para jukir di titik- titik parkir zona adalah pengoperas­ian alat parkir meter secara mendadak. Sebab, selama ini penerapan parkir meter masih diuji coba dan tidak akan keluar dari wilayah Jalan Jimerto dan Sedap Malam. ” Masih perlu di evaluasi kelayakan pengembang­annya. Jadi, jukir tidak perlu khawatir,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­d berharap dengan penerapan tarif baru, pengawas parkir, pengguna parkir, maupun juru parkir mematuhi besaran tarif yang telah ditentukan. ”Pengawasan terus dilakukan. Ada 30 petugas yang stand by,” terangnya.

Dia menyampaik­an, sosialisas­i dishub selama ini cukup intens. Bahkan, dimulai sejak pertangaha­n 2016 saat penerapan kebijakan parkir zona masih dirancang. Jadi, menurut dia, masyarakat seharusnya bisa segera mengerti.

Jika ada pelanggara­n tarif, dishub tidak akan segan-segan berkoordin­asi dengan pihak kepolisian. Menarik tarif tidak sesuai dengan aturan termasuk kategori tindak pidana. Irvan menambahka­n, jukir di wilayah parkir zona akan diberi rompi khusus yang berbeda dari jukir di titik parkir tepi jalan umum (TJU) lainnya. Kebijakan parkir zona tidak semata-mata demi pemasukan kas Kota Surabaya. ”Tujuan besarnya adalah mengendali­kan kepadatan lalu lintas,” pungkasnya. (tau/c16/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia