Jawa Pos

Sabtu-Minggu Unas Kejar Paket

-

SURABAYA – Pendidikan kesetaraan program kejar paket tidak melaksanak­an ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Program kejar paket hanya mengadakan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (unas).

Sekretaris II DPD FK PKBM Kota Surabaya Supriadi menyatakan, pendidikan nonformal seperti pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) atau kejar paket hanya melaksanak­an US dan unas. ”US dilaksanak­an di rentang waktu pekan ini dan pekan depan,” katanya.

Unas tahun ini, jelas dia, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, unas program paket C (setara SMA/SMK) dilaksanak­an pada Sabtu dan Minggu. Yakni, pada 15–16 April dan 22–24 April. ”Dilaksanak­an dua pekan. Ada tujuh mapel yang diujikan,” ujarnya.

Supriyadi menyebut, biasanya jadwal unas program paket C sama seperti unas pendidikan formal. Pelaksanaa­nnya siang. Tahun ini, unas program kejar paket dilaksanak­an Sabtu dan Minggu. ”Mayoritas tidak bisa hari aktif. Karena bekerja, lebih aman dilaksanak­an Sabtu-Minggu,” terangnya.

Sebagian lembaga melaksanak­an unas berbasis komputer alias UNBK. Supriyadi menyatakan, tidak semua PKBM memiliki fasilitas yang memadai untuk UNBK. Karena itu, UNBK dilaksanak­an di sekolah formal. ”Dilaksanak­an di SMP,” katanya.

Ketua PKBM Homeschool­ing Pena itu mencontohk­an, di lem- baganya ada 53 peserta yang akan melaksanak­an ujian. Yakni, 13 peserta dari paket A, 13 peserta dari paket B, dan 27 peserta dari paket C. Supriadi menyebut, UNBK akan dilaksanak­an di SMPN 12.

Saat ini, terus dilakukan persiapan menjelang UNBK. Besok (18/3) merupakan batas akhir setting server. Ada dua server yang disiapkan. Satu server utama dan satu server cadangan. Ujian akan dilaksanak­an satu sesi, dua mapel.

Setelah setting server, sinkronisa­si akhir dilakukan pada 23 Maret. Sinkronisa­si itu bertujuan untuk memastikan server sudah terhubung dengan pusat. Selanjutny­a, pada 25–26 Maret, dilaksanak­an simulasi pertama dan simulasi kedua. (puj/c6/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia