Jawa Pos

Berharap Warga Makin Tertib

-

SURABAYA – Road show Surabaya Smart Riding 2017 ke kampung-kampung masih berlanjut. Rabu malam (15/3) tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya menyambang­i warga di Jalan Wonokitri Besar Gang 1. Tepatnya di RT 03, RW 02.

Acara yang dimulai pukul 19.00 itu berlangsun­g meriah. Misalnya, saat anak-anak berseragam polisi unjuk kebolehan dengan menari. Mereka juga terlihat lucu ketika memperagak­an gerakan polisi saat mengurai macet.

Warga lain juga tidak kalah antusias mengikuti rangkaian acara road show. Apalagi, mereka berkesempa­tan berinterak­si dengan polisi. Selain tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya, acara tersebut dihadiri Kanitlanta­s Polsek Sawahan AKP Didik Sulistyo. ”Apre- siasi yang diberikan warga memang patut diacungi jempol,” katanya. Dia ikut berbaur, bahkan duduk lesehan bersama warga.

Menurut Didik, angka kecelakaan di wilayahnya termasuk kecil. Meski begitu, masih ada warga yang melakukan pelanggara­n. ”Misalnya, tidak memakai helm atau melawan arus,” ujarnya. Alasan warga tergolong klasik. Yakni, sedang terburu-buru atau jarak yang ditempuh tidak jauh.

Hal tersebut, lanjut dia, memang sangat berisiko. Meski jarak dekat, mereka tetap harus memakai helm. ”Kami selalu mengimbau warga untuk keselamata­n,” ungkap pria dengan tiga balok di pundak itu.

Amer Inanto, ketua RT setempat, menyatakan hal yang sama. Kecelakaan juga jarang terjadi. ”Enggak pernah ada yang kecelakaan, apalagi meninggal karena kecelakaan,” tuturnya.

Dia berharap kampanye tertib berlalu lintas hasil kerja bareng Satlantas Polrestabe­s Surabaya, Yamaha, dan didukung Jawa Pos bisa berdampak positif. ”Saya berharap setelah acara itu, angka pelanggara­n yang dilakukan warga sini bisa menjadi nol,” jelasnya.

Acara malam itu diisi dengan penyuluhan tertib berlalu lintas. Pemateriny­a adalah Bripka Abdul Rouf dari Unit Dikyasa Satlantas Polrestabe­s Surabaya. Dia menjelaska­n berbagai hal menyangkut etika berkendara . ( bin/c16/fal)

 ?? ALLEX QOMRULLA/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Anak-anak menari jaranan saat road show Surabaya Smart Riding Rabu malam (15/3).
ALLEX QOMRULLA/JAWA POS ANTUSIAS: Anak-anak menari jaranan saat road show Surabaya Smart Riding Rabu malam (15/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia