Jawa Pos

Beri Contoh Dedikasi Kerja yang Tinggi

Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Pur) Sumarsono Wignyo Sentono Wafat

-

SURABAYA – Tembakan salvo mengiringi pemakaman Kapolda Jatim periode 1996–1998 Irjen Pol (pur) Sumarsono Wignyo Sentono kemarin (16/3). Segenap keluarga, kolega, dan keluarga besar Polda Jatim ikut mengantar hingga peristirah­atan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih.

Sumarsono meninggal pada usia 74 tahun. Dia me ninggalkan 1 istri, 3 anak, dan 2 cucu. Wati Su marsono, istri Su marsono, meng ungkapkan bahwa sang suami sebelumnya mengidap penyakit diabetes. ” Itu terjadi lima tahun terakhir,” tutur Wati.

Kondisi Sumarsono sempat drop ketika pria kelahiran Tulungagun­g tersebut jatuh dari kasur. Kejadian itu membuat Sumarsono dirawat di ICU RS Darmo selama 45 hari. ”Bapak sempat mengeluh sesak napas,” kenang Wati.

Kondisinya menurun sejak seminggu terakhir. Puncaknya, mantan Dirlantas Polri itu (1993–1996) kemudian mengembusk­an napas terakhir pada pukul 00.35 kemarin.

Wati menuturkan, Sumarsono adalah sosok suami yang lemah lembut terhadap keluarga. Selama hidup, Sumarsono hampir tidak pernah marah kepada istri maupun anak- anaknya. ” Tapi, beliau tegas kalau berhadapan dengan para pelanggar hukum,” kenangnya dengan suara terisak.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot Subroto yang memimpin upacara pemakaman ikut menyampaik­an ungkapan belasungka­wa dan perasaan dukacita.

Menurut dia, selama menjalanka­n tugas di Polda Jatim, Sumarsono telah memberikan teladan bagi para junior. Yaitu, dengan memberikan semangat dan dedikasi kerja yang tinggi. ”Kita harus mencontoh sifat dan sikap almarhum,” terang Gatot dalam sambutanny­a.

Gatot menambahka­n, jasa dan nama baik almarhum harus terus diingat. Untuk itu, dia menyampaik­an penghormat­an setinggi-tingginya. ”Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya,” ucap Gatot. (aji/c10/fal)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? TELADAN: Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (pur) Sumarsono Wignyo Sentono dimakamkan di TPU Keputih kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS TELADAN: Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (pur) Sumarsono Wignyo Sentono dimakamkan di TPU Keputih kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia