Jawa Pos

Tempat Jalin Kerukunan Warga

Penyediaan ruang terbuka publik buat masyarakat Kota Delta terus dilakukan. Kehadiran taman-taman di kawasan perumahan bisa menjadi alternatif jujukan untuk sekadar bersantai atau berolahrag­a.

-

KERAMAHAN menjadi prinsip utama di Perumahan Natura Residences. Hunian di pusat Kota Sidoarjo tersebut sengaja berbagi fasilitas taman perumahan dengan warga sekitar. Meski bukan penghuni, masyarakat bisa merasakan berbagai fasilitas di kawasan yang berlokasi di Desa Siwalanpan­ji, Buduran. Tepatnya hanya berjarak sekitar 300 meter dari Stadion Jenggolo.

Namun, masyarakat yang mau bertandang ke taman perumahan harus lapor ke pihak sekuriti. Pelaporan itu hanya bersifat pengawasan. Sebab, warga pasti mendapatka­n izin. ”Lapor petugas satpam pasti dibolehin masuk. Ya supaya fungsi pengawasan tetap jalan saja,” ujar Rendra Hartantio, project customer service Natura Residences.

Beberapa pelajar memanfaatk­an fasilitas taman bermain basket kemarin (16/3). Rendra menyebutka­n, sekolah yang sering memanfaatk­an fasilitas adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo, SMKN 2 Buduran, dan TK Nurul Hikmah. Pria 28 tahun itu menambahka­n, selain bermain basket, mereka biasanya berlatih paskibra, pramuka, ataupun marching band.

Lokasi berlatih berada di sepanjang boulevard cluster Summerland. Jalan memanjang dan cukup luas tersebut bersanding­an dengan lapangan tenis dan lapangan basket three-on-three. Jadi, mereka mendapatka­n ruang yang cukup untuk berlatih dengan suasana yang lebih tenang. Di cluster itu juga terdapat beberapa sudut taman yang bisa digunakan publik. Yakni, playground dan taman yoga.

Di area taman ada alat-alat bermain yang didatangka­n langsung dari luar negeri. Jadi, ketahanann­ya terjamin. Bentuknya pun lebih ramah karena dilapisi bahan dari karet berwarna-warni. Head of Estate Management Natura Residences Anugrah Widi mengatakan, pemilihan produk tersebut disesuaika­n dengan kebutuhan permainan anak yang aman. ”Permainan dirancang untuk merangsang saraf motorik. Ada matras di bawah wahana supaya kalau ada yang jatuh, masih aman,” ujarnya.

Di taman yoga ada walking track khusus yang didesain buat orang dewasa hingga lansia sebagai terapi menjaga kesehatan syaraf. Treadmill outdoor dan refleksi telapak tangan juga menjadi fasilitas pendukung. Karena itu, ibu-ibu penghuni rutin menggelar senam pagi setiap Minggu. Pada hari yang sama, warga sering memanfaatk­an fasilitas perumahan. ” Jadi, lengkap. Karena itu, Minggu ya ramai. Penghuni maupun bukan pada ke sini,” katanya.

Anugrah menambahka­n, hal yang diutamakan adalah kerukunan. Dengan demikian, pihak pengembang berharap warga sekitar bisa membaur dengan penghuni di perumahan dan merasakan fasilitas umum. ( via/c25/dio)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SAMARKAN KESAN EKSKLUSIF: Imas Nurjannah dan Aldy Firmansyah Adam berolahrag­a di taman Puri Surya Jaya kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS SAMARKAN KESAN EKSKLUSIF: Imas Nurjannah dan Aldy Firmansyah Adam berolahrag­a di taman Puri Surya Jaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia