Jawa Pos

Paling Sering buat Lari Pagi

-

KAWASAN elite perumahan berupaya meniadakan sekat dengan masyarakat sekitar. Mereka menyamarka­n kesan eksklusif. Karena itu, banyak warga yang memanfaatk­an fasilitas ruang publik itu untuk berolahrag­a. Khususnya akhir pekan.

Di Puri Surya Jaya misalnya. Jika bertandang ke sana pada Minggu pagi, ada kawasan car free day. Lokasinya dekat dengan areal persawahan di sekitar ruas jalan utama perumahan. Akses tersebut digunakan untuk melakukan olahraga pagi. Baik joging maupun bersepeda. Bahkan, banyak orang tua yang membawa buah hati untuk bermain inline skate di sana.

Aldy Firmansyah Adam dan Imas Nurjannah pun demikian. Keduanya sering menghabisk­an waktu pagi di kawasan Puri Surya Jaya. Terutama Minggu. Pasalnya, menjaga kebugaran adalah hal wajib untuk anggota Paguyuban Guk & Yuk Sidoarjo itu.

Joging adalah olahraga favorit Imas. Menurut dia, lari adalah olahraga yang terjangkau oleh siapa saja. ’’ Nggak perlu di tempat tertentu atau alat tertentu. Tinggal pakai sepatu sama turn on music (nyalakan musik di handphone, Red). Lari deh!” ujar dara 21 tahun itu.

Imas, yang bersahabat dengan Aldy, sering berjanji untuk lari atau bersepeda bersama. ”Biasanya, ya sama teman-teman yang lain kumpul di rumahku dulu,” kata Aldy yang tinggal di cluster Bonton.

Begitu pula kondisi di kawasan Perumahan Citra Garden. Meski tidak sampai ada sistem penutupan jalan, situasi di kawasan tersebut yang rindang membuat banyak penghobi lari yang demen ke sana. Lokasi-lokasi yang digunakan buat arena joging terdapat di tiga cluster. ”Di cluster Aster Garden, Orchid Garden, sama Green Hill biasanya paling ramai kalau Minggu,” papar Manajer Estate Perumahan Citra Garden Sariono.

Dia menjelaska­n bahwa di dalam cluster lain, masyarakat umum memang belum boleh keluar masuk. Selain itu, lokasi jalan yang lapang membuat ruang yang tersedia lebih membikin nyaman. ”Kadang komunitas-komunitas olahraga itu juga mampir beraktivit­as di sini. Ya, nggak apa-apa asal mau bicara baik-baik ke satpam,” imbuhnya. (via/c6/dio)

 ??  ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS BISA UNTUK UMUM: Opi Halina memanfaatk­an fasilitas di ruang terbuka publik Natura Residences Rabu (15/3).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BISA UNTUK UMUM: Opi Halina memanfaatk­an fasilitas di ruang terbuka publik Natura Residences Rabu (15/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia