Jawa Pos

Pabrikdfgs Ban Rugifgghg Miliaran

-

GRESIK – Pengguna Jalan Daendels akhirnya berhasil menghubung­i petugas pemadam kebakaran (PMK) pada Rabu malam (15/3). Amukan api telah menghabisk­an barang dan gedung pabrik ban PT Bintang Rubber Indo di Jalan Raya Manyar, Km 11. Kerugian mencapai miliaran rupiah.

Insiden kebakaran itu mulai diketahui pukul 21.40. Dua pekerja produksi bernama Adi dan Nurul mencium bau sangat menyengat, bau karet yang terbakar. Nah, sekitar pukul 22.00, api terlihat berkobar. ”Kami mencari air, tapi percuma. Api sudah besar,” kata Nurul di lokasi kejadian.

Dua pemuda asal Lamongan tersebut panik bukan main. Kebakaran juga diketahui petugas sekuriti di depan gerbang pabrik. Pukul 22.15 api terus membesar dari lantai 1 meluas ke sudut-sudut pabrik. Akibatnya, seluruh bangunan seluas 40 x 23 meter itu hangus.

Sekitar pukul 22.45 mobil PMK mulai berdatanga­n ke lokasi. Selain dari Gresik Kota, mobil PMK meluncur dari wilayah Dukun di kawasan utara. Sedikitnya, sepuluh mobil PMK berjibaku menjinakka­n api. Petugas mengalami kesulitan karena banyak barang-barang yang mudah terbakar. Semua menumpuk di dalam bangunan. ”Sangat sulit dipadamkan,” ujar Sukamto, seorang petugas.

Kobaran api mulai mengecil pukul 01.30. Namun, petugas masih melakukan pembasahan hingga pukul 04.30.

Menurut pemilik pabrik, Oemar, 51, pabrik itu digunakan sebagai tempat produksi sekaligus gudang barang dan bahan baku karet. Bagian kantor pabrik juga tidak lolos dari kobaran api.

Kanitreskr­im Polsek Manyar Ipda Yoyok Mardi P. menjelaska­n, dugaan sementara, penyebab kebakaran ialah percikan api dari tungku pembakaran yang mengarah ke batu bara. (mar/yad/c24/roz)

 ??  ?? PANAS MEMBARA: Petugas PMK berupaya memadamkan api yang membakar pabrik ban PT Bintang Rubber Indo di Jalan Raya Manyar.
PANAS MEMBARA: Petugas PMK berupaya memadamkan api yang membakar pabrik ban PT Bintang Rubber Indo di Jalan Raya Manyar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia