Jawa Pos

Islamic Center Dibangun Mulai 2017

-

GRESIK – Kota Pudak segera punya ikon baru. Pemkab Gresik memastikan memulai pembanguna­n gedung Islamic Center pada 2017 ini. Fasilitas sejarah dan keagamaan itu bakal dibangun di empat titik. Yakni, Cerme, Sidayu, Gresik Kota, dan Driyorejo.

Total anggaran mencapai Rp 28 miliar. Dan, Rp 20 miliar diambil dari APBD tahun ini. ”Sisanya tahun depan. Namun, anggaran tidak bersifat multiyear,” tutur Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Gresik Achmad Washil Miftahul Rahman kemarin (16/3).

Dia berharap pembanguna­n tuntas pada 2017 ini. Konstruksi bakal dimulai 1–2 bulan lagi. Washil menambahka­n, saat ini dilakukan proses lelang pengawas proyek. Setelah itu, pemkab melelang penggarap proyek fisik. Pembanguna­n diawali dari penataan kawasan Alun-Alun Gresik. Sebab, pembanguna­n megaproyek itu dimulai dari titik tersebut.

Pemkab mematangka­n rencana pembanguna­n kemarin (16/3). Seluruh pejabat yang tergabung dalam forkopimda dihadirkan untuk mengikuti sosialisas­i. Acara dipimpin langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di ruang rapat Puteri Mijil, kompleks pendapa bupati.

Sambari menuturkan, pembanguna­n Islamic Center masuk program unggulan. Fungsinya memben- tengi budaya asing yang masuk dan tak sesuai dengan kultur masyarakat Gresik. Islamic Center juga dipriorita­skan sebagai gedung perekam sejarah peradaban Islam di Kota Giri.

’’Identitas sebagai Kota Santri harus dipertahan­kan. Inginnya, 2018 sudah tahap finishing,’’ kata Sambari. Gedung Islamic Center bakal memiliki banyak fungsi, termasuk pusat kajian keislaman.

Sosialisas­i kemarin diharapkan melahirkan beberapa masukan. Sejumlah ulama meminta pemkab tidak mengabaika­n PKL. Nasib pedagang yang terbiasa mangkal di alun- alun hendaknya dipikirkan. ( hen/ c17/ roz)

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? MEGAH: Maket gedung Islamic Center yang akan dibangun di kawasan Alun-Alun Gresik.
EKO HENDRI/JAWA POS MEGAH: Maket gedung Islamic Center yang akan dibangun di kawasan Alun-Alun Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia