Jawa Pos

Bunga Single-Digit Genjot Segmen Konsumer

Targetkan Pertumbuha­n Kredit hingga 10 Persen

-

SURABAYA – Masih tingginya kebutuhan masyarakat terhadap rumah dan kendaraan bisa mendorong pertumbuha­n kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit pemilikan rumah (KPR). PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperkira­kan kredit konsumer tahun ini bisa tumbuh 8–10 persen.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja mengungkap­kan, strategi untuk mencapai target pertumbuha­n kredit konsumer tersebut salah satunya dengan program promo bunga single digit. ’’Kalau bunga murah, sedikit banyak properti bisa berkembang,’’ katanya di sela pembukaan BCA Expo di Grand City, Surabaya, kemarin (17/3).

Dia menambahka­n, perkembang­an sektor properti tidak hanya dirasakan kalangan pengembang. Industri pendukung seperti kaca, semen, kayu, hingga tenaga kerja juga mendapatka­n dampak ekonomi. ’’Ini bisa mendorong buying power yang lebih besar karena income masyarakat bertambah,’’ ucap Jahja. Selain promo suku bunga single-digit, BCA menggunaka­n strategi cross selling. Yakni, melalui kegiatan expo dengan mengundang nasabah sekaligus mengumpulk­an beberapa developer dan diler mobil.

Expo kemarin diikuti 15 diler mobil, 3 diler motor, dan 15 pengembang properti. ’’ Target kami bisa sampai Rp 1 triliun karena kami yakin permintaan terhadap mobil dan rumah masih besar,’’ paparnya.

Tahun ini BCA menargetka­n pertumbuha­n kredit sebesar 10 persen. ’’ Target kredit kami agak konservati­f,’’ ucap Jahja. Sebab, hingga kini, pihaknya masih melihat potensi yang ada. Segmen yang berpeluang untuk mendorong kredit ialah korporasi, khususnya infrastruk­tur. Namun, geliatnya pada awal tahun ini belum terlihat.

’’Kalau pertengaha­n tahun atau setelah September, ada kredit infrastruk­tur. Maka, kredit bisa berkembang lebih dari itu. Tapi, secara proyeksi, kami agak konservati­f,’’ tuturnya. (res/c17/sof)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MERIAH: Pengunjung meramaikan BCA Expo 2017 di Exhibition Hall Grand City, Surabaya, kemarin (17/3).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MERIAH: Pengunjung meramaikan BCA Expo 2017 di Exhibition Hall Grand City, Surabaya, kemarin (17/3).
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SENSUAL: Elizabeth Hidajatno (kanan) dan Sales Consultant Donny di samping Mercedes-Benz E300 CKD 2017 New di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS SENSUAL: Elizabeth Hidajatno (kanan) dan Sales Consultant Donny di samping Mercedes-Benz E300 CKD 2017 New di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia