Jawa Pos

Palsu SIM dari Karton yang Dilaminati­ng

-

TRENGGALEK – Selain ijazah, uang dan surat izin mengemudi (SIM) rentan dipalsukan. Buktinya, kemarin (17/3) Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek bersama jajaran Polsek Durenan, Dinas Perhubunga­n (Dishub) Trenggalek, dan UPT Dinas Pendapatan Jawa Timur saat melakukan operasi gabungan di jalan raya Tulungagun­g–Trenggalek, tepatnya di depan Polsek Durenan, menemukan satu pengendara yang diindikasi­kan menggunaka­n SIM B-II palsu.

Berdasar informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, dalam operasi yang dimulai sekitar pukul 15.30 tersebut, didapati SIM B-II yang diduga palsu. Indikasiny­a, SIM itu terbuat dari kertas karton biasa yang dilaminati­ng.

SIM yang menunjukka­n identitas Ahmad Jaenuri, 37, warga Dusun Suwaru, Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, tersebut ketika dipegang bagian depan dan belakangny­a bisa dibelah menjadi dua. Padahal, SIM asli tidak bisa dibegituka­n.

’’Materialny­a jelas beda. Makanya bisa dipastikan bahwa itu bukan SIM asli,’’ jelas Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarm­an yang diwakili Perwira Pengendali (Padal) AKP Moch. Solichin.

Karena itu, dia langsung mengintero­gasi pemilik SIM tersebut. Pemilik mengakui, SIM tersebut merupakan hasil scan SIM asli miliknya. SIM aslinya hilang beberapa waktu lalu.

Solichin melimpahka­n kasus itu ke Polres Trenggalek. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui si pemilik SIM benar-benar pernah memiliki SIM asli atau tidak.

Sementara itu, terkait dengan operasi tersebut, ditemukan 17 pelanggar. Mayoritas pelanggar tidak melengkapi persyara tan surat berkendara, termasuk SIM.

Hal senada diungkapka­n Kaur Bins Ops Satlantas Polres Trenggalek Iptu Sunawan. Dia menambahka­n, SIM yang diduga palsu tersebut masih diselidiki. Melalui nomor SIM yang tertera, akan diketahui SIM dengan nomor itu pernah diterbitka­n serta memiliki identitas yang sama atau tidak.

’’ Jika setelah dicek SIM tersebut pernah diterbitka­n dengan identitas yang berbeda atau belum diterbitka­n, kasusnya akan kami limpahkan ke satreskrim,’’ ungkapnya. ( jaz/ and/ c23/ diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia