Jawa Pos

Truk Terguling, 20 Ton Semen Tercecer

-

BANYUWANGI – Kecelakaan tunggal yang melibatkan truk bermuatan 20 ton semen terjadi di dekat jalan pintu lintasan (JPL) kereta api (KA), Lingkungan Payaman, Kecamatan Giri, kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pukul 07.15 di jalan nasional tersebut. Sopir dan kernet selamat, sedangkan sebagian semennya tercecer di parit.

Supartono –petugas palang pintu kereta api JPL 17– menyatakan, truk yang disopiri Soeb Susanto, 69, warga Jalan Musi, Kelurahan Penganjura­n, Kecamatan Banyuwangi, itu tiba-tiba mundur dari utara. Truk Fuso bernopol P 8332 UV tersebut berjalan mundur di tengah jalan raya.

’’Waktu mundur itu tidak ada kereta api yang melintas. Kondisi jalan raya juga sepi,’’ ungkap pria 37 tahun tersebut.

Truk bermuatan 20 ton semen itu mundur, lalu oleng melewati rel lintasan kereta api. Selanjutny­a, truk terperosok ke parit sedalam 2 meter, lalu terguling di sebelah barat jalan raya dekat rel KA. ’’Sopirnya sempat lari mengejar truk, tapi tidak nutut,’’ katanya.

Kondisi truk yang terguling sempat mengganggu jalur lintasan kereta api. Sebab, bagian moncong truk Fuso tersebut berada tepat di samping rel yang berjarak sekitar 1,5 meter. Tidak ingin perjalanan KA terhambat, Supartono langsung menghubung­i petugas di Stasiun Argopuro.

’’Kami terpaksa memotong bumper depan truk dengan menggunaka­n mesin las karena jaraknya tidak aman bagi perjalanan kereta api,’’ timpal Naim, 27, salah seorang pekerja PT KAI.

Pemotongan bumper depan truk bisa diselesaik­an dengan cepat karena dibantu enam petugas. Setelah bumper depan truk selesai dipotong, KA Mutiara Timur Siang yang berangkat dari Banyuwangi Baru menuju Surabaya langsung melintas sesuai jadwal.

Kanitlaka Polres Banyuwangi Iptu Budi Hermawan menjelaska­n, berdasar hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sebelum meluncur mundur, truk diketahui parkir di tepi jalan tanpa dilengkapi rem tangan. (ddy/aif/c22/diq)

 ?? RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MUNDUR SENDIRI: Truk Fuso P 8332 UV bermuatan semen terguling ke parit sedalam 2 meter di dekat rel kereta api Lingkungan Payaman, Kelurahan/Kecamatan Giri, kemarin.
RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI MUNDUR SENDIRI: Truk Fuso P 8332 UV bermuatan semen terguling ke parit sedalam 2 meter di dekat rel kereta api Lingkungan Payaman, Kelurahan/Kecamatan Giri, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia