Jawa Pos

Walcott Mencari Kado Pengganti

-

WEST BROMWICH – Kado yang tak diharapkan diterima Theo Walcott bertepatan dengan ulang tahun ke-28-nya Kamis lalu (16/3). Yakni, tidak adanya panggilan dari Gareth Southgate ke timnas Inggris untuk dua laga internasio­nal pekan depan. Inilah kali pertama setelah Euro 2016 winger Arsenal itu tidak dipanggil Three Lions –julukan timnas Inggris.

Seperti dilansir The Sun, Walcott disebut kecewa dan sampai menelepon Southgate untuk meminta penjelasan. Tapi, Southgate punya alasan tersendiri sehingga tidak memanggil pemilik 47 caps dan 6 gol tersebut. Yakni, penampilan Walcott yang belum konsisten bersama Arsenal. ”Jika dia (Walcott, Red) bermain apik di klub, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak memanggiln­ya lagi,” kata Southgate seperti dikutip Independen­t.

Nah, lawatan Arsenal ke The Hawthorns, kandang West Bromwich Albion, malam nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 19.00 WIB) bisa menjadi ajang pembuktian bagi Walcott. Sejatinya, setelah mengalami cedera betis, performa Walcott mulai bangkit. Dalam lima laga terakhir, dia mengemas tiga gol. Masing-masing dilesakkan ke gawang Sutton United (21/2) dan Lincoln City (12/3) di Piala FA serta dicetak saat melawan Bayern Muenchen pada leg kedua 16 besar Liga Champions (8/3).

Pelatih Arsenal Arsene Wenger, seperti dikutip ESPN, mendukung Walcott untuk memberikan bukti bahwa dirinya tidak layak untuk ditinggalk­an oleh Southgate. Dalam penilaian Wenger, Walcott telah menjadi pemain yang lebih komplet dan efisien. ” Dia lebih baik secara taktik serta bekerja keras dalam bertahan maupun menyerang,” puji Wenger dalam konferensi pers sebelum laga melawan West Brom.

Torehan 17 gol sepanjang musim ini pun membuat Walcott hanya kalah subur oleh Alexis Sanchez ( 21 gol). ” Dia ( Walcott, Red) mampu memberi perbedaan dalam beberapa laga besar dengan golnya, misalnya saat melawan Bayern,” imbuh Wenger.

Melawan The Baggies –julukan West Brom– memang bukan laga besar. Tapi, pertanding­an tersebut menentukan mudah atau terjalnya jalan Arsenal mengamanka­n langkah ke Liga Champions musim depan. Arsenal masih berada di posisi kelima dengan gap lima poin dari Liverpool di posisi keempat. Bedanya, Laurent Koscielny dkk punya keunggulan dua laga atas Liverpool.

Yang perlu diwaspadai Arsenal adalah kemampuan West Brom mencetak gol dari set pieces yang mencapai 44,4 persen. Salah satu yang tertinggi di antara klub Premier League. ”Secara fisik, mereka kuat dan efisien dalam bola-bola seperti itu ( set pieces, Red),” ucap Wenger seperti dilansir Birmingham Mail. (ren/c11/dns)

 ?? OLI SCARFF/AFP ?? TAJAM TAPI DICUEKI TIMNAS: Theo Walcott mencetak tiga gol dalam lima laga terakhir Arsenal.
OLI SCARFF/AFP TAJAM TAPI DICUEKI TIMNAS: Theo Walcott mencetak tiga gol dalam lima laga terakhir Arsenal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia