Jawa Pos

Polrestabe­s Siapkan 1.595 Personel

-

POLRESTABE­S Surabaya benarbenar ingin memberikan rasa aman bagi suporter dan masyarakat pada laga Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang besok (19/3). Pola Maximum Security pun bakal diterapkan pada laga home perdana Persebaya tersebut.

Untuk mendukung pola itu, polrestabe­s akan mengerahka­n 1.595 personel yang terdiri atas unsur kepolisian dan berbagai instansi. ’’Kami harus maksimal agar ke depan keamanan di tiap laga kandang Persebaya terjamin,’’ jelas Kombes Pol M. Iqbal, Kapolresta­bes Surabaya, setelah memimpin rapat pengamanan pertanding­an Persebaya kemarin.

Dia menyatakan, ada empat ring pengamanan pada laga besok. Ring 4 adalah pengamanan sejak Bonek berangkat menuju stadion. Semua polsek jajaran Polrestabe­s Surabaya dan polres terkait seperti Gresik dan Sidoarjo terlibat dalam pengamanan ring 4 tersebut.

Selanjutny­a adalah ring 3, pengamanan yang dimulai dari jalan masuk utama menuju stadion. Jalur itu akan dibagi dua, yakni jalur kendaraan penonton VIP dan kendaraan penonton ekonomi. ’’Di ring 3, akan ada body screening untuk memeriksa barang bawaan penonton. Kami sudah menyiapkan 40 pos body screening,’’ katanya. Barang bawaan yang tidak diperboleh­kan masuk adalah flare, botol minuman, dan senjata tajam.

Untuk ring 2, polisi dan instansi samping yang ditunjuk akan melakukan penjagaan superketat. Mulai pemeriksaa­n tiket hingga pengamanan arus penonton yang masuk ke stadion. Ratusan personel akan ditempatka­n di sembilan gate yang ada.

Berikutnya adalah ring 1. Personel yang ditempatka­n di ring tersebut akan mengamanka­n tamu-tamu VVIP. ’’Kami maksimal di sini agar tamu dan penonton merasa aman saat melihat Persebaya,’’ ungkap Iqbal.

Pihaknya juga akan menyiapkan guard yang secara khusus memantau aksi para penonton di dalam stadion. Jadi, guard itu akan membelakan­gi lapangan. ’’ Tiap personel kami bekali HT juga. Jadi, komunikasi akan berjalan. Jika ada yang mencurigak­an, kami tak segan bertindak,’’ ujar Iqbal. (rid/c23/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia