Jawa Pos

99 Persen Datangkan Peter Odemwingie

-

BANGKALAN – Dari Persib Bandung, ’’demam Michael Essien’’ mulai menular ke kontestan Liga 1. Tidak terkecuali Madura United. Klub berjuluk Laskar Sape Kerrap itu dikabarkan selangkah lagi bakal mendapatka­n mantan kapten tim nasional Nigeria Peter Odemwingie.

Kendati masih menolak menyebut nama, Manajer Madura United Haruna Soemitro menyatakan, hampir tercapai kesepakata­n antara sponsor klub dan pemain yang dimaksud. ’’Sudah 99 persen,’’ katanya kepada

Sumber mengungkap­kan, pemain yang dimaksud Haruna adalah Odemwingie. Pemain yang bisa bermain sebagai striker maupun winger itu diharapkan bisa mempertaja­m daya dobrak Laskar Sape Kerrap yang belakangan hanya bertumpu kepada Greg Nwokolo.

Secara kebintanga­n, Odemwingie memang tidak sebenderan­g Essien. Tetapi, jelas dia bukan pemain sembaranga­n.

Kapten timnas Nigeria di Piala Afrika 2010 itu tampil dalam Piala Dunia 2010 dan 2014. Pada Piala Dunia 2014, dia mencetak gol kemenangan atas Bosnia-Herzegovin­a. Itulah kemenangan pertama Nigeria dalam putaran final ajang terakbar sejagat tersebut sejak edisi 1998.

Pemain 35 tahun itu juga me- mimpin rekan-rekan mudanya di Olimpiade 2008 hingga mampu lolos ke final. Tetapi, di partai puncak, skuad muda Elang Super –julukan timnas Nigeria– kalah oleh Argentina yang dikomandan­i Lionel Messi.

Karir terbaik Odemwingie di klub dicatat di Lille, West Bromwich Albion, dan Locomotiv Moscow. Klub terakhir yang dibelanya adalah Rotherham United yang berkiprah di Championsh­ip (kompetisi kasta kedua Inggris).

Dalam manager’s meeting yang berlangsun­g di Jakarta Kamis lalu (16/3), PSSI memang mengizinka­n tambahan pemain asing berstatus marquee player bagi klub Liga 1. Jatah itu menambah kuota legiun impor yang sebelumnya dibatasi slot dua pemain non-Asia plus satu pemain Asia.

Presiden Klub Madura United Achsanul Qosasi juga memastikan akan memaksimal­kan regulasi yang ditetapkan PSSI itu. ”Negosiasi dengan sponsor yang membantu mendatangk­an marquee player berlangsun­g intens,” katanya.

Jika benar Odemwingie segera merapat, Madura United harus bersiap menghadapi pemain yang karirnya cukup sarat kontrovers­i. Baik di klub maupun timnas, Odemwingie berkali-kali menjadi sorotan karena ulah atau ucapannya.

Di timnas, misalnya, dia pernah secara terbuka mengkritik Shaibu Omadu, Lars Lagerback, dan Stephen Kensi kala ketiganya menangani Elang Super. (dam/ han/c4/ttg)

 ??  ?? Jawa Pos Radar Madura. Jawa Pos Radar Madura
Jawa Pos Radar Madura. Jawa Pos Radar Madura

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia