Jawa Pos

Pastikan Tetap Berlaga di Liga 1

Freeport Masih Buka Peluang Jadi Sponsor Persipura Lagi

-

JAKARTA – Persipura Jayapura bergerak cepat. Mereka langsung melakukan penjajakan kerja sama sponsorshi­p dengan sejumlah korporasi besar menyusul penarikan diri sponsor besar mereka selama ini, PT Freeport Indonesia.

’’Memang sudah ada yang siap mendukung. Tetapi, kami masih menunggu realisasin­ya,’’ kata Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano ketika dihubungi Cenderawas­ih Pos (Jawa Pos Group) kemarin (17/3) tanpa menyebutka­n perusahaan yang dimaksud.

Yang sudah pasti juga dilobi adalah Bank Papua. Selain Freeport, selama ini bank pelat merah itu penyokong tetap tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

Benhur menyatakan, memang masalah keuangan yang saat ini menjadi prioritas utama manajemen Persipura. Sebab, mereka membutuhka­n gerojokan dana besar untuk memenuhi kebutuhan tim. Baik untuk membayar gaji, kontrak, maupun operasiona­l tim.

Kendati dalam kondisi keuangan yang sulit, Benhur memastikan bahwa Persipura bakal tetap tampil di Liga 1 yang mulai bergulir pertengaha­n bulan depan. Jadi, persiapan di bawah kendali pelatih Angel Alfredo Vera akan tetap jalan. ’’ Tidak akan ada pembubaran tim,’’ katanya.

Sementara itu, Media Officer Freeport Riza Pratama menyatakan, tetap terbuka peluang Freeport kembali menjadi penyokong dana Persipura. Sebab, kebijakan untuk tidak menjadi sponsor utama hanya bersifat kondisiona­l. Artinya, lanjut Riza, pihaknya masih menunggu perkembang­an.

Sebab, lanjut dia, akibat perseterua­n terkait kontrak karya dengan pemerintah Indonesia, Freeport tidak bisa berproduks­i secara maksimal. ’’Kalau semua sudah reda, besar kemungkina­n kami akan membantu Persipura lagi,’’ kata Riza kepada Jawa Pos.

Untuk menghindar­i munculnya keresahan dari publik sepak bola Papua, Riza berencana mengundang manajemen Mutiara Hitam untuk menerangka­n kondisi sebenarnya perusahan tersebut. ’’Kami melihat adanya informasi yang terputus ke manajemen Persipura. Kami harus duduk bersama mereka untuk menjelaska­n semuanya,’’ papar dia. (ben/ans/nat/JPG/c4/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia