Jawa Pos

Basuki Babussalam Siap Geser Malik

-

SURABAYA – Unsur pimpinan fraksi dan komisi di DPRD Jatim segera berubah. Kabarnya, semua fraksi kini menyiapkan pergeseran jabatan di fraksi, komisi, maupun alat kelengkapa­n dewan yang lain.

Informasin­ya, ada tiga fraksi yang telah menyiapkan rolling keanggotaa­n. Namun, sejauh ini, yang sudah melayangka­n usulan resmi hanya Fraksi PAN. Rencananya, kursi ketua fraksi yang saat ini dijabat Malik Effendy diserahkan kepada Basuki Babussalam.

Pimpinan dewan membenarka­n usulan reposisi yang muncul dari sejumlah fraksi di DPRD Jatim. ” Tapi, surat pengajuan resminya belum kami terima karena masih di meja sekretaria­t,” kata Wakil Ketua Dewan Tjutjuk Sunario.

Dia menjelaska­n, usulan reposisi keanggotaa­n fraksi maupun alat kelengkapa­n dewan cukup wajar. Sebab, sesuai aturan, perombakan bisa dilakukan saat masa jabatan sudah menginjak setengah periode alias 2,5 tahun. Seluruh perombakan tersebut, kata Tjutjuk, bergantung pada fraksi masing-masing. ”Pimpinan dewan sebatas memfasilit­asi. Semua bergantung fraksi,” katanya. Sekretaris DPRD Ahmad Jailani sudah menerima surat usulan rolling. ”Sudah ada satu fraksi. Untuk yang lain, sejauh ini masih belum ada,” katanya. Selain Fraksi PAN, Fraksi Partai Demokrat (PD) dan Gerindra menyiapkan usulan rolling.

Fungsionar­is Fraksi PAN Basuki Babussalam membenarka­n pengajuan rolling keanggotaa­n di fraksinya. Dia menyebutka­n, usulan itu merupakan keputusan DPW PAN Jatim. ”Fraksi hanya kepanjanga­n tangan partai. Karena partai sudah memutuskan, kami wajib menjalanka­n,” tegasnya. (ris/c7/oni)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia