Jawa Pos

Satgas Harus Gerak Cepat

-

PEMBANGUNA­N masif fasilitas tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) oleh dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) ternyata belum menuntaska­n masalah sampah. Semangat instansi di bawah komando Bahrul Amig dalam berinovasi bakal mental jika tidak ada peran aktif dari berbagai pihak.

’’Mata elang” utama untuk memantau kondisi pengelolaa­n sampah di lapangan adalah yang sudah dilantik sebagai satuan tugas (satgas) lingkungan. Pemkab melantik satgas lingkungan pada 24 Februari lalu. Seluruh camat di Sidoarjo telah menjadi satgas. Seharusnya mereka kembali membentuk satgas untuk level di bawahnya.

Apalagi, sampah yang menggunung di wilayah Krian bukan satu-satunya. Tumpukan sampah di beberapa titik di Jalan Arteri Porong menjadi pemandanga­n yang tidak sedap. Misalnya, jalan menuju kawasan wisata Candi Pari. Lahan kosong itu seharusnya bisa bersih jika satgas setempat aktif berpatroli serta menyosia lisasikan fasilitas pengolahan sampah yang sudah ada.

Camat Candi Muhammad Solichin menyebutka­n, dirinya telah meneruskan instruksi untuk tidak membuang sampah sembaranga­n kepada pihak 24 desa di wilayah Candi. Sosialisas­i juga terus dilakukan. Namun, pembersiha­n dan perubahan perilaku bukan perkara instan. ’’Pelan-pelan kami tegaskan,” ucapnya.

Camat Waru Fredik Suharto menambahka­n, pihaknya mulai membentuk satgas lingkungan sampai tingkat RW. Apalagi, Kecamatan Waru dipenuhi pabrik dan perumahan yang memicu rendahnya kualitas lingkungan. Sungai-sungai tercemar oleh sampah. ’’Di Rewwin, RW 06 itu, sudah saya lantik berbarenga­n dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kami juga berkomitme­n untuk tidak membuang minyak jelantah sembaranga­n,” tuturnya.

Kepala DLHK Bahrul Amig menyatakan, ini seharusnya menjadi waktu yang tepat bagi satgas lingkungan yang sudah dilantik. Mereka bisa segera membentuk satgas mulai RT hingga RW. Memang, persoalan hukum dan aturan terkadang belum mendukung sepenuhnya. Namun, menurut Amig, tidak ada yang dapat mengalahka­n tekad untuk berbenah diri. ’’Jangan takut maju,” ucapnya. (via/c18/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia