Jawa Pos

Lima Siswa Gagal Ikut Unas

Dinyatakan Drop Out

-

GRESIK – Validasi peserta Ujian Nasional (Unas) 2017 SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sudah final. Total peserta unas telah ditentukan dalam daftar nominasi tetap (DNT). Jumlahnya 34.089 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendi­k) Gresik Mahin menyatakan, DNT ditetapkan berdasar validasi Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d). Mereka akan mengikuti unas, baik berbasis komputer maupun kertas. ’’ Tapi, jumlah peserta masih mungkin berubah pada hari H pelaksanaa­n unas,’’ ujarnya kemarin (17/3).

DNT sejumlah 34.089 siswa itu merupakan hasil verifikasi dari daftar nominasi sementara (DNS) yang mencapai 34.115 siswa. Artinya, ada penguranga­n 26 siswa. Jumlah tersebut total untuk jenjang SMP/ MTs maupun SMA/SMK/MA.

Kasi Pendidikan SMP/MTs Dis- pendik Gresik Sugeng Istanto menambahka­n, data tersebut memang masih bisa berubah. Bergantung hari H pelaksanaa­n unas nanti. Bahkan, di jenjang SMP/ MTs, DNT dipastikan bisa berubah. Sebab, ada lima peserta yang ternyata tidak memenuhi persyarata­n sebagai peserta unas.

Sebab, mereka masuk daftar dropout (DO) di sekolah masingmasi­ng. Semua merupakan siswa sekolah swasta. Antara lain, SMP Sunan Ampel Menganti, SMP NU Bahrul Ulum Menganti, SMP Muhammadiy­ah 7 Cerme, SMP Mambaul Ulul Kebomas, dan MTs Mambaul Falah Tambak. ’’ Mereka sudah di-DO sebelum DNT ditetapkan,’’ papar Sugeng Istanto.

Sekolah mereka terlambat melaporkan siswa yang di-DO. Sebab, DNT telah dikeluarka­n Kemendikbu­d. Saat hendak mengeluark­an mereka sebagai peserta unas, dispendik angkat tangan. (mar/c15/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia