Jawa Pos

Serasa Punya PERSONAL Barber

Pada masa kini, waktu semakin berharga. Agar waktu tidak terbuang percuma, kalau bisa, semua kebutuhan terpenuhi tanpa meninggalk­an rumah. Mau makan, cuci baju, hingga belanja bisa menggunaka­n layanan delivery. Mau pangkas rambut, sang barber- lah yang me

-

SOAL pangkas rambut di rumah, Feli Sumayku berbagi pengalaman. Perempuan yang bekerja sebagai MC dan penyiar radio di Jakarta itu punya gaya rambut pixie yang jadi trademark-nya selama lima tahun belakangan. Rata-rata sekali dalam sebulan, Feli –sapaannya– merapikan rambut di salon.

Pada 14 Februari lalu, bertepatan dengan momen Valentine’s Day, perempuan kelahiran Jakarta, 6 November 1989, itu melakukan hal spesial untuk diri sendiri. Dia mendatangk­an barber ke rumah. Biasanya, dia membutuhka­n waktu 1,5 jam untuk sampai di salon. Artinya, sekitar tiga jam pulangperg­i. Belum lagi ditambah macet. Padahal, proses memangkas rambutnya tak sampai sejam.

Nah, pada hari penuh cinta itu, Feli tinggal duduk manis di ruang tamu rumahnya. Sang barber datang dengan membawa perlengkap­an pangkas rambut. Saat rambutnya dirapikan, dia bisa mengobrol dan bercanda sesuka hati. ’’Saya kan doyan ngelawak. Kalau di salon, takutnya bising ganggu pengunjung lain,’’ kata Feli.

Baru kali pertama mencoba layanan barberhome, perempuan berdarah Manado tersebut merasa happy. Praktis, hemat waktu, dan suasananya lebih santai. ’’Menyenangk­an banget. Berasa orang kaya, punya

personal barber,’’ jelasnya, lantas tertawa. Meski judulnya pangkas rambut di rumah, bukan berarti peralatan yang dipakai minimalis. Feli tetap mendapatka­n pelayanan profesiona­l layaknya di salon, namun dengan suasana nyaman di rumah sendiri.

Feli mengenal sang barber, Yanus Putrada, dari seorang teman. Sejumlah selebriti tanah air sudah mencoba layanan barberhome Yanus. Di antaranya, Ernest Prakasa, Tarra Budiman, Dion Wiyoko, Judika, dan Ryan Delon. Layanan memotong dan menata rambut itu tak hanya bisa dilakukan di rumah, tapi juga di lokasi syuting atau tempat manggung.

’’Memudahkan banget. Apalagi kalau sudah diburu waktu, bisa disamperin ke lokasi kita. Cool,’’ kata aktor dan penyanyi Maruli Tampubolon yang sudah beberapa kali memanfaatk­an layanan barberhome. Pada Senin lalu, rambutnya dipangkas dan ditata Yanus ketika hendak melakukan pemotretan. ’’Waktunya juga fleksibel. Kadang perlu menata rambut jam 07.00, bisa. Kadang perlu on the spot di venue acara, juga bisa,’’ ungkap aktor Bukaan 8 itu.

Barberhome tak hanya ramai diminati di kota supersibuk seperti Jakarta. Di Jogja, ada barber yang cukup hit, yakni Tengku Fadly Akhmazi. Sejak akhir 2016, cowok 24 tahun tersebut membuka jasa barbershop at home. Finalis The Cuts Indonesia itu juga menerima pesanan dari Jakarta. Tapi, Fadly menegaskan bahwa layanan itu khusus cowok. ’’Teknik potong dan styling rambut cewek beda. Saya baru menerima untuk cowok aja,’’ ucapnya.

Beberapa pelanggan Fadly juga berasal dari kalangan selebriti. Misalnya, pemain FTV Fauzan Nasrul, presenter sepak bola Putra Maulana, dan Jono, mantan personel Gugun Blues Shelter. Mereka sering menggunaka­n jasanya di rumah atau hotel untuk menata rambut sebelum menghadiri acara.

Harga yang dipatok Fadly mencapai Rp 300 ribu untuk pelanggan di Jogja dan Rp 500 ribu untuk pelanggan di Jakarta. Tapi, Fadly menjamin kualitas. Dia sangat mengutamak­an kenyamanan klien. Di rumah sendiri, mereka bisa leluasa menyampaik­an keinginan. Hasil potongan rambutnya pun akan lebih detail.

’’Kalau di barbershop, barber biasanya cenderung terburubur­u karena antre klien. Tapi, kalau delivery begini, saya lebih berfokus,’’ ujar pria kelahiran Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, tersebut. Fadly kerap mengajak kliennya ngobrol selama potong rambut. Hal itu dia lakukan untuk memahami karakter dan menjalin kedekatan. ’’ Link jadi tambah. Kalau kita dekat dengan klien, mereka jadi nggak sungkan mau request,’’ tuturnya.

Harga yang dipatok Fadly sudah termasuk shaving kumis atau janggut, vitamin rambut, serta styling. Karena tidak mengeramas­i, dia memberikan vitamin rambut yang berkualita­s lebih bagus. Sementara itu, styling -nya bisa disesuaika­n dengan kebutuhan. Misalnya, kalau mau datang ke acara formal dan mau tampil rapi, Fadly akan memberi styling clean cut dengan pomade.

Saat ’’bertempur’’, Fadly menyiapkan peralatan lengkap. Di antaranya, peralatan potong seperti gunting, clipper, razor, dan sisir. Juga, peralatan styling seperti pomade,

clay, wax, hairspray, dan hairdryer. Tak lupa peralatan pendukung seperti kain kep dan cermin. Semua peralatan itu dimasukkan ke kotak dan siap dibawa. Adakah klien yang cerewet? ’’ Nggak apa-apa. Itu hak mereka buat request sedetail apa pun. Saya selalu siap,’’ jelasnya, lantas tersenyum. (nor/adn/c23/na)

 ?? FOTO-FOTO: YANUS PUTRADA FOR JAWA POS ??
FOTO-FOTO: YANUS PUTRADA FOR JAWA POS
 ?? TENGKU FADLY AKHMAZY FOR JAWA POS ?? JAMIN KUALITAS: Tengku Fadly Akhmazy memotong rambut klien. Meski berbasis di Jogja, dia juga melayani pelanggan di Jakarta.
TENGKU FADLY AKHMAZY FOR JAWA POS JAMIN KUALITAS: Tengku Fadly Akhmazy memotong rambut klien. Meski berbasis di Jogja, dia juga melayani pelanggan di Jakarta.
 ??  ?? BISA CABLAK: Penyiar radio Feli Sumayku saat menikmati layanan barberhome Yanus Putrada. Di rumah, dia bebas bercanda tanpa takut mengganggu orang lain.
BISA CABLAK: Penyiar radio Feli Sumayku saat menikmati layanan barberhome Yanus Putrada. Di rumah, dia bebas bercanda tanpa takut mengganggu orang lain.
 ??  ?? ON THE SPOT: Penyanyi Judika senang menggunaka­n layanan berberhome Yanus di tempat acara.
ON THE SPOT: Penyanyi Judika senang menggunaka­n layanan berberhome Yanus di tempat acara.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? FAMILY FRIENDLY: Ernest Prakasa (foto kiri), Meira (bawah), dan Sky (atas) adalah klien Yanus Putrada.
FAMILY FRIENDLY: Ernest Prakasa (foto kiri), Meira (bawah), dan Sky (atas) adalah klien Yanus Putrada.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia