Jawa Pos

Duel Sengit Rebutkan Posisi Aman

-

SURABAYA – Sebanyak 15 tim cowok dan 7 tim cewek berhak lolos ke babak utama Honda DBL East Java Series 2017-North Region. Mereka adalah para penghuni juara klasemen dan tujuh runnerup khusus sektor putra. Persaingan di pertanding­an berikutnya dipastikan makin ketat.

Beberapa tim harus melewati laga sengit do or die. Ada juga yang masih memperhitu­ngkan poin untuk mengamanka­n posisi. Berikut prediksi menurut hasil perhitunga­n klasemen grup sementara.

SMAN 1 Wonoayu, Sidoarjo, yang menempati posisi ketiga di klasemen grup D masih berkesempa­tan merebut tiket. Sebab, Wonoayu –julukan SMAN 1 Wonoayu– juga mengantong­i satu kemenangan atas SMAN 1 Surabaya. Pada laga terakhirny­a, Wonoayu harus menang 11 poin atas lawannya, SMAN 22 Surabaya, untuk mengunggul­i goal difference Satoe, sebutan SMAN 1 Surabaya.

Di sisi lain, Satoe harus berjuang habis-habisan untuk menang melawan SMA ITP Surabaya agar berada di posisi aman. Pada grup E, ada SMA Santo Hendrikus Surabaya yang dipastikan lolos menuju babak utama berkat dua kemenangan­nya. Tim putra SMA Barunawati Surabaya sedikit terancam mengingat posisinya yang berada di paling bawah. Jika mereka kalah pada laga terakhir, SMA Muhammadiy­ah 3 Surabaya akan do or die melawan SMAN 11 Surabaya untuk memperebut­kan runner-up.

Sementara itu, beberapa grup sektor putri sudah melewati masa pertanding­an kedua. Mereka harus bekerja ekstrakera­s untuk pertanding­an ketiga. Meski ada tim yang sudah memuncaki klasemen, mereka tetap harus memasang sikap waspada. Sebab, jalan pertanding­an masih panjang. Beberapa prediksi tak terduga bisa saja muncul.

Laga do or die bakal dirasakan grup B, C, dan E. Apalagi setelah melihat pertanding­an kemarin. Smantass, sebutan tim basket SMAN 17 Surabaya, baru saja membalik keadaan SMAN 1 Puri, Mojokerto. Tetapi, bukan berarti Smantass boleh kalah pada pertanding­an ketiga. Sebab, beda

goal difference dengan SMAN 1 Puri, Mojokerto, masih sedikit.

Selanjutny­a, pergeseran posisi tim terjadi pada grup C. Meski baru mengalahka­n SMKN 1 Surabaya kemarin (17/3), Dua Satu –julukan SMAN 21 Surabaya– belum bisa tenang. Sebab, SMA Vita Surabaya termasuk tim yang punya good defense. Bila menundukka­n Vita, sudah pasti Smeas –sebutan SMKN 1 Surabaya– mampu merebut tiket menuju babak utama. Terutama lawan Smeas, SMAN 18 Surabaya, yang minim memproduks­i poin.

Pada laga grup E, pertanding­an SMA Petra 1 Surabaya kontra SMA Kemala Bhayangkar­i Surabaya menjadi yang paling dinanti. Sebab, kedua tim sama- sama mempertaha­nkan kualitas bermain. Selama dua kali bertanding, mereka berhasil mengalahka­n SMA Santo Carolus Surabaya dan SMAN 20 Surabaya. Pertanding­an keduanya bakal menentukan tim basket yang lolos ke babak utama. (fri/pew/ c25/grc)

 ?? IVAN/ZETIZEN TEAM ?? FIRST TICKET: Tim basket putra SMAN 10 Surabaya menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke babak utama.
IVAN/ZETIZEN TEAM FIRST TICKET: Tim basket putra SMAN 10 Surabaya menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke babak utama.
 ?? RIFKY/ZETIZEN TEAM ?? KEY PLAYER: Forward SMAN 7 Surabaya, Tamara Via, menjadi motor serangan timnya saat melawan SMAN 10 Surabaya.
RIFKY/ZETIZEN TEAM KEY PLAYER: Forward SMAN 7 Surabaya, Tamara Via, menjadi motor serangan timnya saat melawan SMAN 10 Surabaya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia