Jawa Pos

PAN dan Demokrat Prioritask­an Kader Sendiri

Hadapi Pilgub Jatim

-

JAKARTA – Satu per satu partai memunculka­n calon yang akan diusung dalam Pilkada Jatim 2018. Partai Amanat Nasional (PAN) akan mempriorit­askan kader sendiri. Ada beberapa nama yang akan dicalonkan untuk menduduki kursi gubernur Jatim. Sementara itu, Partai Demokrat masih menyimpan rapat-rapat bakal calonnya.

Ketua Bappilu DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, partainya belum memutuskan akan mendukung calon nonkader. Menurut dia, kebijakan partai berlambang matahari itu adalah mengusung pasangan calon yang berasal dari kader sendiri. Namun, pihaknya akan menyambut hangat jika ada calon nonkader yang mendaftark­an diri. ”Karena yang berwenang mencalonka­n adalah partai politik,” papar dia kemarin (24/3).

Wakil ketua Fraksi PAN DPR itu menyatakan, ada beberapa nama kader yang akan diusung. Salah satunya Ketua DPW PAN Jatim Masfuk. Ada pula Suyoto yang sekarang menjabat bupati Bojonegoro dan wakil ketua umum DPP PAN. Selain dua tokoh itu, ada Anang Hermansyah, anggota DPR dari dapil Jatim IV. Keempat, ada Eko Hendro Purnomo atau yang lebih dikenal dengan Eko Patrio.

Sementara itu, Partai Demokrat belum terbuka untuk menyebutka­n nama-nama yang akan dijagokan di Pilkada Jatim 2018. ”Sebenarnya terlalu dini kalau harus menyebutka­n nama-nama. Belanda masih jauh,” ucap Wakil Ketua Umum DPP Partai De- mokrat Roy Suryo kemarin. Selain Jatim, ada 170-an pilkada yang akan digelar tahun depan. Antara lain Jateng dan Jabar.

Apakah nama Saifullah Yusuf, wakil gubernur Jatim, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa masuk radar Partai Demokrat? Roy hanya menjawab, ”Salah satu nama sudah Anda sebutkan. Yang jelas, PD akan mengutamak­an kader internal dulu. Kalau bukan kader, setidaknya sudah dekat dengan PD,” ucapnya.

Roy menegaskan, terkait dengan isu bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan maju menjadi Jatim-1, menurut dia, informasi itu tidak benar. ”Seperti yang disampaika­n Pak SBY beberapa hari lalu,” terangnya. (lum/c11/agm)

 ?? Suyoto DOK JAWA POS ??
Suyoto DOK JAWA POS
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS Anang Hermansyah ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS Anang Hermansyah
 ?? Masfuk DOK JAWA POS ??
Masfuk DOK JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia