Jawa Pos

Lima Pemimpin Komunis Bertemu di Hongkong

-

HONGKONG – Sosok Fidel Castro berbaring tenang di atas kasur. Pemimpin Kuba yang meninggal pada 25 November 2016 itu seakan mengembusk­an napas pelan. Tentu saja, itu bukan Castro sungguhan yang hidup lagi. Melainkan sebuah patung yang dibuat oleh seniman Tiongkok Shen Shaomin. Karyanya dipamerkan di Art Basel, Hongkong, sejak Kamis (23/3).

Castro tidak sendirian. Masih ada replika empat pemimpin komunis lainnya dari abad ke-20 dalam pameran bertema The

itu. Yaitu, pemimpin Partai Komunis Tiongkok Mao Zedong, pemimpin Rusia Vladimir Lenin, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Il-sung, serta Presiden Pertama Vietnam Ho Chi Minh. Semuanya dibuat menyerupai aslinya. Pembuatan satu patung membutuhka­n waktu enam bulan dengan bahan akrilik dan gel silika. ” Tema itu merepresen­tasikan pertemuan imajiner lima orang tersebut,” terang Shen.

Shen membuat patungpatu­ng tersebut untuk dipamerkan pada festival seni kontempore­r Sydney Biennale pada 2010. Kala itu, Castro masih hidup. Maka, patung presiden ke-17 Kuba tersebut memiliki alat di dalamnya untuk membuat dirinya tampak seperti bernapas.

Lima patung tersebut dibuat sebagai parodi pertemuan tahunan yang dilakukan oleh negaranega­ra kaya G8 (kini G7). Shen menciptaka­n pertemuan imajiner pemimpin lima negara komunis G5. ”Banyak pakar di negaranega­ra Barat penasaran tentang kapitalism­e dan membanding­kan serta mendiskusi­kan teori komunisme. Jadi, saya menciptaka­n G5 ini,” terang Shen. (AFP/HavanaTime­s/sha/c6/any)

 ?? ANTHONY WALLACE/AFP PHOTO ?? Summit SEPERTI SUNGGUHAN: Seorang pengunjung mengambil foto Fidel Castro yang terbaring di kasur karena sakit. Tentu saja bukan sungguhan karena Castro sudah meninggal pada 25 November 2016. Yang dipotret adalah patung yang dipamerkan di Art Basel, Hongkong, pekan ini.
ANTHONY WALLACE/AFP PHOTO Summit SEPERTI SUNGGUHAN: Seorang pengunjung mengambil foto Fidel Castro yang terbaring di kasur karena sakit. Tentu saja bukan sungguhan karena Castro sudah meninggal pada 25 November 2016. Yang dipotret adalah patung yang dipamerkan di Art Basel, Hongkong, pekan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia