Jawa Pos

Enam Belas Terbaik Terbang ke Korsel

-

SURABAYA – Namanya Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 Jatim. Itu adalah kegiatan Pramuka yang menitikber­atkan lingkungan. Di akhir kegiatan, anggota Pramuka terpilih akan diterbangk­an ke Korea Selatan (Korsel).

Kemarin memorandum of un

derstandin­g (MoU) kegiatan itu diteken di RM Agis, Surabaya. Yang meneken adalah Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Saifullah Yusuf, Dirut PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda, dan CEO PT Mataram Paint Freddy Pangkey.

Saifullah Yusuf yang juga Wagub Jatim itu mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah mewujudkan kampung bersih, aman, dan sehat. ”Sehat dari kriminalit­as, sehat dari narkoba, dan sehat dari berbagai hal negatif,” katanya.

Kegiatan itu dilaksanak­an di sebelas kota di Jatim pada April– Mei. Di tiap-tiap kota, akan ada 2–6 kwartir cabang yang ambil bagian. Total anggota yang dilibatkan mencapai 11 ribu orang. Mereka akan berkarya dan melakukan bakti sosial dengan mengecat rumah warga. Dengan begitu, kampung yang ditempati menjadi lebih bersih dan rapi.

Wakil Ketua Kwarda Jatim A.R. Purmadi menjelaska­n, tiap-tiap kota melaksanak­an kegiatan selama empat hari. Pesertanya adalah seribu anggota Pramuka tingkat penegak dan pandega. Mereka dibagi dalam sepuluh gugus depan. ”Tugas mengecat seratus rumah,” katanya. Selama di lokasi, setiap gugus depan menginap di tenda yang didirikan di depan rumah yang akan dicat.

Saat malam, papar Purmadi, peserta akan berbaur dengan warga setempat. Mereka memberikan penyuluhan hidup sehat. Materinya mengenai bagaimana hidup sehat, bersih, dan nyaman.

Di setiap zona tersebut, akan dipilih empat peserta yang terdiri atas lelaki dan perempuan, masing-masing dua orang. Dengan begitu, ada 44 peserta yang akan maju ke tingkat provinsi. Jumlah tersebut akan diseleksi lagi sehingga menjadi 16 peserta. ”Mereka akan diberangka­tkan ke Korea Selatan,” katanya. (riq/c11/dos)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia