Jawa Pos

Mamak Matangkan Pemahaman Teknik Persida

-

SIDOARJO – Kompetisi yang akan diikutinya berstatus profesiona­l. Tapi, seluruh pemain yang bakal memperkuat Persida Sidoarjo justru masih amatir.

’’Pemain kami memang masih hijau, belum punya pengalaman,’’ kata M. Zein ’’Mamak” Alhadad, pelatih Persida Sidoarjo.

Saat ini ada sekitar 28 pemain yang menghuni skuad Persida Sidoarjo. Mamak mengungkap­kan, pengurus Persida untuk Liga 2 mendatang memang menginstru­ksikan pengoptima­lan putra daerah. ’’Ini tantangan bagi saya, walaupun resikonya berat. Kalau bisa berhasil, ada kepuasan tersendiri,’’ ujar Mamak.

Dia melanjutka­n, pemain Persida saat ini dilatih mulai dari awal. Setelah masalah fisik terlewati, mantan pelatih Persija Jakarta itu berupaya memberikan latihan teknik dan kecepatan. ’’Pemain belum tahu cara overlappin­g, bagaimana support. Ini benarbenar mulai dari awal,’’ ucapnya.

Namun, meski pemain belum berpeng- alaman, Mamak yakin anak asuhnya dapat ’’merepotkan’’ tim-tim lain di Liga 2. Dia berkaca pada hasil laga uji coba melawan Indonesia Muda (IM) dan Bhayangkar­a FC.

’’Lawan IM, kami menang 2-0, padahal baru seminggu berlatih. Lawan Bhayangkar­a, meski kalah 0-4, gol mereka hanya tercipta dari bola-bola crossing karena pemain asing Bhayangkar­a tinggi-tinggi,’’ terang Mamak.

Mantan penyerang Niac Mitra tersebut menuturkan, sekarang dirinya ingin lebih mengembang­kan pemahaman teknik pemain. Di antaranya, cara serangan balik, crossing, penguasaan bola, dan penyelesai­an akhir. Seluruhnya dilatih secara perlahan.

Menurut Mamak, sejauh ini, ada peningkata­n. Dari yang sebelumnya melawan IM selalu monoton di satu sisi, kini pemain bisa melakukan perpindaha­n titik serang. ’’ Where (di mana), when (kapan), how (bagaimana) to support, itulah yang kami benahi pelan-pelan. Kapan hari belum ngerti,’’ ujarnya. (rpd/c18/ttg)

 ?? RIZKA PERDANA PUTRA/JAWA POS ?? PEMBENAHAN: M. Zein Alhadad memberikan instruksi kepada para pemain Persida di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, kemarin (24/3).
RIZKA PERDANA PUTRA/JAWA POS PEMBENAHAN: M. Zein Alhadad memberikan instruksi kepada para pemain Persida di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, kemarin (24/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia