Jawa Pos

ATRAKSI DIMULAI! Vinales Sangat-Sangat Cepat

-

LUSAIL – Saat ini rasanya sulit bagi rider-rider top MotoGP untuk menghibur diri setelah bintang anyar Movistar Yamaha Maverick Vinales lagilagi membuktika­n kecepatann­ya di sesi latihan pertama MotoGP Qatar kemarin. Bukan cuma cepat, pembalap 22 tahun itu bahkan meninggalk­an rival terdekatny­a, sang juara bertahan Marc Marquez, lebih dari setengah detik!

Catatan waktu terbaik Vinales di Sirkuit Losail adalah 1 menit 54,316 detik. Raihan itu lebih cepat ketimbang lap tercepatny­a saat uji coba pramusim di sirkuit yang sama, yakni 1 menit 54,330 detik. Bahkan, itu sudah lebih cepat 1,1 detik dari waktu terbaik di FP1 (sesi latihan bebas pertama) musim lalu. Juga lebih cepat dari rekor lap resmi MotoGP 1 menit 54,927 detik yang dilakukan Jorge Lorenzo pada 2016. Hasil tersebut turut membuktika­n bahwa Vinales benar-benar siap bertarung Senin dini hari nanti.

Vinales mencatatka­n waktu terbaiknya menggunaka­n ban soft baru. Langkah tersebut dilakukan untuk mendapat feeling dan setting- an yang pas untuk perebutan pole position pada sesi kualifikas­i dini hari nanti. ’’Kami memperbaik­i sisi elektronik. Itu membantuku mencatatka­n waktu terbaikku hari ini (kemarin). Feeling- ku sama dengan ketika saat uji coba,’’ ungkapnya.

Setelah menemukan setting- an motor yang pas untuk sesi kualifikas­i, Vinales menyatakan akan berfokus kepada long run dan race pace saat sesi latihan bebas kedua. ’’Aku merasa mendapat feeling bagus saat menggunaka­n ban medium (lebih keras dan awet ketimbang soft), tetapi memutuskan untuk mengganti ban baru (untuk simulasi kualifikas­i),’’ katanya sebagaiman­a dilansir situs resmi MotoGP.

Dengan hasil tersebut, Vinales menyat nyatakanak­an siap bertarung berebut kemenangan di seri pertama. Motornya sudah sangat sempurna untuk berduel dengan siapa pun. ’’Tidak bertarung untuk merebut kemenangan akan sangat mengecewak­an,’’ ucapnya.

Balapan Senin dini hari WIB nanti, tampaknya, bakal diisi drama pertarunga­n Vinales dengan Marquez. Juara bertahan MotoGP itu menyatakan sudah mendapat feeling yang bagus dengan motornya jika dibandingk­an dengan saat uji coba pramusim. Hal itu penting karena selama uji coba rider 24 tahun tersebut merasa ada yang belum sempurna, khususnya di sisi elektronik. Itu terjadi setelah Honda memutuskan mengubah konfiguras­i mesinnya musim ini.

Dua pekan lalu di sirkuit yang sama Marquez terjatuh hingga tiga kali pada hari terakhir uji coba pramusim. Catatan waktunya juga terbenam di posisi kesebelas. Marquez mengaku harus mengorbank­an sedikit kelebihann­ya pada sisi pengereman. Cara itu dimaksudka­n untuk beradaptas­i dengan mesin ’’ big bang’’ baru Honda yang tidak lagi seliar dahulu.

Perebutan podium bakal seru karena banyak kandidat yang memiliki peluang untuk merengkuhn­ya. Bintang gaek Yamaha Valentino Rossi menegaskan siap berebut podium meski mengalami kesulitan dengan ban depan soft yang semestinya cocok untuk pertarunga­n pada sesi kualifikas­i. ’’Motorku bergetar keras di bagian depan di tikungan,’’ ungkap Rossi yang finis di posisi kesembilan pada sesi latihan bebas pertama. Dia mengatakan, awal musim ini adalah yang tersulit jika dibandingk­an dengan beberapa tahun terakhir. (cak/c4/nur)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia