Jawa Pos

Jangan Terlalu Berekspekt­asi, Ferrari

-

MELBOURNE – Bagi kebanyakan penggemar F1, khususnya penyokong Ferrari, pembukaan musim balap 2017 di Australia akhir pekan ini bisa menjadi momen menyaksika­n kebangkita­n skuad Italia tersebut. Tetapi, setelah dua sesi latihan bebas pada hari pertama, me re ka harus menya - dari bah wa eks pek ta si tersebut terlalu tinggi.

Nyaris tidak ada perubahan besar dari hasil latihan bebas hari pertama kemarin (24/3) jika dibandingk­an dengan peta kekuatan persaingan antartim musim lalu. Mercedes masih berada di atas, disusul Ferrari, kemudian Red Bull-TAG Heuer. Apakah Ferrari semakin dekat dengan Mercedes jika mengacu kepada hasil uji coba musim dingin yang menjanjika­n? Ternyata juga tidak.

Bintang Mercedes Lewis Hamilton mencatatka­n waktu tercepat pada sesi latihan kedua, yakni 1 menit 23,620 detik. Di posisi kedua adalah jagoan Ferrari Sebastian Vettel yang membukukan lap terbaik 1 menit 24,167 detik. Selisih keduanya membentang hingga 0,547 detik. Jarak Mercedes dengan Ferrari tentu tidak akan diprediksi selebar itu jika mengacu kepada hasil uji coba pramusim tim Kuda Jingkrak di Barcelona.

Sebelumnya, pada sesi latihan pagi, Mercedes lebih mendominas­i. Hamilton dan rekan setimnya, Valtteri Bottas, menguasai posisi puncak daftar pembalap tercepat. Disusul dua ujung tombak Red Bull Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Duo Ferrari hanya finis di posisi kelima dan keenam.

Performa Hamilton itu semakin meyakinkan ketika catatan waktu terbaiknya tersebut bisa didapat dengan menggunaka­n ban soft. Padahal, sebagian besar pembalap sudah memakai ultrasoft yang di atas kertas seharusnya jauh lebih cepat. Hamilton bahkan mengepras catatan waktunya di sesi pagi hingga 0,6 detik. Hamilton adalah satusatuny­a pembalap yang mampu membobol batas 1 menit 24 detik. Sudah lebih cepat 0,2 detik ketimbang catatan waktu yang diraih Hamilton ketikaika menyabet pole position tahun lalu, alu, yakni 1 menit 23,837 detik.

Hamilton menyatakan tak menyangka W08 tunggangan­nya bisa mengalami kemajuan pesat bila dibandingk­an dengan saat uji coba pramusim. ’’Mengawali hari ini (latihan bebas kemarin) aku sama sekali tidak tahu di mana posisiku meski kami optimistis berada di depan. Tetapi, ketika keluar trek dan mengendara­i mobilku, aku merasa perbedaan seperti ’malam dan siang’ jika dibandingk­an dengan saat uji coba pramusim,’’ kepada Crash.

Sementara itu, Vettel mengungkap­kan bahwa stabilitas mobilnya yang belum sempurna membuat jaraknya dengan Mercedes masih terbentang lebar. Namun, dia percaya timnya sudah menemukan solusi menjelang sesi kualifikas­i hari ini. (cak/c4/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia