Jawa Pos

Wisata Religi Paling Ramai

Tapi Kontribusi Pendapatan Tidak Signifikan

-

SURABAYA – Pemprov gencar meningkatk­an pariwisata Jawa Timur sebagai sektor andalan pemasukan daerah. Hingga kini, daya tarik wisata (DTW) religi Jawa Timur masih menjadi destinasi dengan jumlah kunjungan tertinggi.

Total kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) mencapai 13 juta orang. Adapun wisatawan mancanegar­a (wisman) tercatat 17 ribu orang. Objek wisata religi yang paling ramai dikunjungi berada di sepanjang pantai utara, yakni Surabaya hingga Tuban. Tidak heran jika wilayah tersebut digolongka­n sebagai salah satu di antara 19 kawasan strategis pariwisata provinsi (KSPP) oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

’’Wisata religi memang masih andalan Jawa Timur. Apalagi ketika tahun politik,’’ tutur Kepala Dis- budpar Jatim Jarianto. Dia menjelaska­n, masyarakat pada umumnya masih menjadikan DTW religi sebagai jujukan ketika hendak memanjatka­n doa-doa. Sebagai negara dengan asas ketuhanan, berdoa menjadi kebiasaan, bahkan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Jarianto menyebutka­n, tahun politik menjadi momen sebagian besar calon pemimpin menyempatk­an diri berkunjung ke makam dan DTW religi lainnya. ’’Pasti tambah ramai,’’ tambahnya.

Namun, DTW religi belum dianggap besar secara kualitas. ’’Kontribusi kunjungan memang masih ke religi. Tapi, secara pemasukan tidak begitu signifikan,’’ jelas Kepala Bidang Destinasi Disbudpar Jatim Widarto. Menurut dia, wisatawan yang datang ke DTW religi biasanya hanya didasari motivasi batin. Artinya, mereka datang ke objek tersebut untuk sebatas berdoa, tanpa bertransak­si ekonomi. Misalnya, membeli oleh-oleh dari UMKM atau menginap di hotel setempat. ’’ Hanya datang sehari, lalu pulang,’’ katanya.

Karena itu, disbudpar berupaya agar KSPP dengan objek andalan religi lebih terintegra­si. Tujuannya, wisatawan tidak hanya datang ke satu spot, melainkan ke beberapa objek sekaligus. Misalnya, untuk kawasan utara, wisatawan bisa berkunjung ke seluruh wisata religi mulai dari Surabaya sampai Tuban dalam sepaket. Disbudpar akan mengganden­g agen perjalanan untuk menyediaka­n paket tersebut.

Nantinya disbudpar bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop) serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra­si (Disnakertr­ans) Jawa Timur. ’’Para pengusaha kecil dan menengah di sekitar destinasi tersebut akan diberdayak­an,’’ papar Kepala Seksi Pemberdaya­an Masyarakat dan Tata Kelola Destinasi Disbudpar Sai’in.

Mereka berharap perjalanan wisata dengan waktu yang lebih panjang memotivasi pengunjung untuk ber transaksi ekonomi dengan lingkungan sekitar. ’’ Jadi, mereka sebagai tuan rumah juga menerima manfaat,’’ lanjut Sai’in. (deb/c15/oni)

 ?? DEBORA DANISA/JAWA POS ?? ANDALAN: Kawasan Wisata Religi Ampel menjadi salah satu destinasi wisata dengan kontribusi kunjungan tertinggi.
DEBORA DANISA/JAWA POS ANDALAN: Kawasan Wisata Religi Ampel menjadi salah satu destinasi wisata dengan kontribusi kunjungan tertinggi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia