Jawa Pos

Tetapkan 125 Tersangka dalam 4 Bulan

Hasil Ungkap Tim Saber Pungli Polda Jatim

-

SURABAYA – Polisi tidak mainmain dalam memberanta­s segala bentuk pungutan liar. Kemarin (24/3) tim saber pungli Polda Jatim merilis hasil ungkap selama empat bulan terakhir. Sebanyak 125 orang ditetapkan sebagai tersangka.

’’Ada 63 kasus korupsi dan pungutan liar yang ditemukan di wilayah Jawa Timur,’’ ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. Dari jumlah kasus tersebut, hanya satu yang ditangani Ditreskrim­sus Polda Jatim. Sisanya ditemukan 36 polres se-Jawa Timur.

Hasil operasi tangkap tangan (OTT) yang terungkap tersebut terdiri atas perkara alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), Prona, surat tanah, perizinan, serta retribusi.

Salah satu kasus yang paling gres dan menonjol adalah penangkapa­n PNS yang bekerja sebagai staf pengolahan data pengawasan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo. ’’Masih dikembangk­an dan dalam penyidikan Polrestabe­s Surabaya,’’ tambah jenderal bintang dua tersebut.

Selain itu, ada kasus pemotongan alokasi dana desa di Kecamatan Kedunggung, Sampang. Seharusnya, pelimpahan tahap II dana tersebut diterima 11 desa. Namun, praktik di lapangan tidak demikian. Kasus tersebut kini ditangani Ditreskrim­sus Polda Jatim.

Mayoritas tersangka dalam puluhan kasus itu berstatus PNS. Polisi berjanji tidak akan tebang pilih. OTT tidak akan berhenti pada hasil ungkap selama empat bulan tersebut.

Machfud menegaskan, pihaknya memang sengaja memamerkan para tersangka ke publik. Dengan begitu, dia berharap tidak ada lagi oknum yang berusaha korupsi atau berpraktik pungli. ’’Target kami setelah ini sudah tidak ada yang ditangkap,’’ tutur polisi asli Ketintang itu.

Dari operasi selama empat bulan, polisi berhasil menyita uang Rp 2, 61 miliar. Ada juga dokumen, emas, hingga handphone ( lihat grafis).

Secara terpisah, Dina Kardina resmi ditahan mulai kemarin. PNS yang ditangkap di sebuah hotel bintang lima di Jalan Embong Malang itu terbukti meminta pungutan terhadap kliennya. ’’Ada enam dokumen yang kami amankan dari hasil penggeleda­han,’’ tegas Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Shinto Silitonga. (did/c15/fal)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? BERANTAS PUNGLI: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menunjukka­n barang bukti hasil ungkap tim saber pungli selama empat bulan.
GHOFUUR EKA/JAWA POS BERANTAS PUNGLI: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menunjukka­n barang bukti hasil ungkap tim saber pungli selama empat bulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia