Jawa Pos

Manfaatkan Barang Bekas

-

MEMBANGUN kebun vertikal di Perumahan Mutiara Citra Graha (MCG), Desa Larangan, Candi, tidak hanya bermanfaat bagi estetika lingkungan. Tapi juga merupakan upaya mengolah sampah. Salah satunya terlihat dari kreativita­s warga RT 43 MCG yang mendaur ulang sampah menjadi pot-pot untuk vertical garden.

Saat Jawa Pos berkunjung ke RT 43, tampak, ketua PKK RT 43 Subandriya­h bersama empat anggotanya sedang sibuk merawat kebun. Sekitar 158 jenis toga tumbuh subur di kawasan tersebut. Selain itu, ada tanaman hias, buah, dan sayuran. Jadi, perawatann­ya tidak bisa sembaranga­n. Beberapa tanaman sayur dilindungi dengan jaring pe nutup supaya aman dari kerakusan tikus.

Warga RT 43 Dwi Astuti mengatakan lebih suka menanam sayuran. Karena itu, di kediaman warga yang aktif di PKK RT tersebut terdapat sudut hidroponik mini yang ditanami sawi. Selain itu, kebun vertikal miliknya terbilang unik. Sebab, pot-pot yang menjadi media tanam tidak berasal dari plastik, melainkan ban bekas yang dicat berwarna-warni.

Beberapa sudut kebun vertikal milik warga juga terbuat dari bambu. Batang pring tersebut diberi lubang pada bagian atas dan sampingnya agar bisa dimasuki tali. Tali tersebut lantas dihubungka­n dengan pot plastik berisi tanaman. Lagi-lagi, pot yang digunakan merupakan botol plastik bekas. ”Di sini, ya semua sampah dimanfaatk­an. Dibuat dengan kreativita­s warga setempat,” kata Subandriya­h.

RT tersebut juga memiliki galeri produk daur ulang sampah plastik karya ibu-ibu PKK. ”Asal telaten saja, pasti bisa jadi seperti ini.” (via/c11/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia