Jawa Pos

Kuatkan Sinergi Antara Industri dan Pendidikan

Salah satu pendongkra­k potensi Gresik sebagai mercusuar pertumbuha­n ekonomi ialah kemampuan merespons perubahan. Penguatan budaya industri memegang kunci.

-

DIREKTUR PT Indospring Tbk Bob Budiono menilai Kabupaten Gresik memang istimewa. Seluruh perusahaan di Gresik memiliki potensi. Produk usahanya bermacam-macam. ’’Itu bukti kreativita­s pengusaha,’’ ujarnya. Nah, yang penting adalah bagaimana peran pengusaha dalam menguatkan budaya industri. Apakah budaya industri versi Bob? Bapak satu anak itu mengingatk­an pentingnya moral kuat bagi pengusaha. Pebisnis perlu memiliki kedisiplin­an, kerja keras, dan visi kuat dalam menghadapi tantangan masa depan. Segala sesuatu bisa direncanak­an dan dicapai secara terukur. Tidak lagi bergantung pada alam.

Bob menilai Kota Giri berkembang amat pesat. Kondisinya berbeda jauh dari 1978. Saat itu PT Indospring baru masuk ke Gresik. Daerahnya belum terbangun. Kawasan tempat perusahaan­nya berdiri, Jalan Mayjen Sungkono, masih sepi dan memprihati­nkan.

’’Kata pendiri perusahaan kami, dulu belum ada jalan raya bagus. Apalagi jalan tol. Sekarang sudah luar biasa,’’ tutur lelaki 55 tahun tersebut memuji Gresik. Hampir semua jenis usaha berdiri di sini. Kawasan industri terus bertambah. PT Indospring pun berkembang hingga merajai pasar komponen otomotif di Asia Tenggara dan mengalahka­n Thailand.

Di sisi lain, Bob mengingatk­an pentingnya kiprah pengusaha dalam memajukan daerah. Di hadapan 200-an perwakilan perusahaan peserta seminar yang diselengga­rakan Apindo Gresik pada Rabu (22/3), Bob mengungkap­kan peran perusahaan­nya dalam mendidik tenaga siap pakai, bukan siap latih.

PT Indospring memiliki kelas industri yang melatih pelajar Gresik agar siap bekerja saat lulus. Di situ terjadi sinergi yang baik antara pendidikan dan industri. ’’Menurut saya, kerja sama sekolah-perusahaan amat penting,’’ kata alumnus Universita­s Airlangga (Unair) itu. Tenaga kerja yang unggul akan mendorong produktivi­tas perusahaan. Dengan begitu, posisi Gresik sebagai mercusuar ekonomi bakal semakin kuat. (hen/c15/roz-bersambung)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia