Jawa Pos

Trump Janjikan Trumpcare Baru

-

WASHINGTON – Setelah kegagalan Trumpcare (rancangan jaminan kesehatan pengganti Obamacare), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berusaha mencitraka­n dirinya tetap tegar. Di jagat maya, dia kembali berjanji mengusung rancangan anyar yang lebih sempurna dan jauh lebih hebat daripada Obamacare.

”Obamacare akan hancur lebur dan kita semua bakal bersatu serta menyatukan rancangan kesehatan yang lebih hebat bagi seluruh rakyat. Jangan khawatir!” cuit Trump di akun Twitter- nya Sabtu waktu setempat (25/3). Sayang, semua itu masih sekadar wacana. Sebab, kenyataann­ya, pemerintah belum bisa merumuskan program pengganti Obamacare.

Akhir pekan lalu, Speaker DPR AS Paul Ryan terpaksa membatalka­n pemungutan suara Trumpcare karena tidak yakin bisa mengegolka­nnya. Selain politisi Partai Demokrat, beberapa legislator Partai Republik menentang Trumpcare yang mereka anggap tidak jelas itu. Namun, belum sampai 24 jam setelah kekalahan sebelum bertanding di Kongres AS, Trump kembali berkoar tentang Trumpcare.

Belum genap seratus hari menjabat presiden, Trump dua kali gagal mewujudkan janji-janji kampanyeny­a. Sebelum Trumpcare alias program pengganti Obamacare, taipan 70 tahun itu gagal menerapkan kebijakan imigrasi superketat­nya yang dijuluki Muslim Ban oleh media. Bahkan, sampai melahirkan dua versi Muslim Ban, Trump tetap belum berhasil mengaplika­sikannya.

”Kepada Tuan Trump, ini adalah sebuah peringatan brutal (untuk menyadarka­n Anda, Red) bahwa kampanye adalah bagian yang paling mudah (dalam menjadi presiden),” sindir New York Times dalam editorialn­ya kemarin (26/3). Media itu juga menyinggun­g tentang jabatan presiden yang jauh berbeda dengan CEO. Apalagi, dia harus menghadapi kongres yang terkotak-kotak.

Setelah kegagalann­ya menjadikan Trumpcare sebagai pengganti Obamacare, Trump mengaku kecewa. Namun, dia langsung menyalahka­n Demokrat. Sebab, sejak awal, Demokrat bersikukuh mempertaha­nkan Obamacare. (AFP/Reuters/hep/c16/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia