Jawa Pos

Rayakan Melasti di Air Terjun Roro Kuning

-

NGANJUK – Umat Hindu Dharma melaksanak­an upacara Melasti. Tepatnya kemarin pukul 09.00 di Air Terjun Roro Kuning, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Hal tersebut dilakukan umat Hindu untuk menyambut Hari Raya Nyepi yang dilaksanak­an besok (28/3) .

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Nganjuk, kegiatan yang berlangsun­g selama dua jam itu dilakukan umat Hindu secara khidmat. Upacara tersebut diakhiri dengan acara larung sesaji di aliran Sungai Roro Kuning.

Upacara dipimpin langsung oleh pemangku Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Damri. Dia menerangka­n, upacara itu dilaksanak­an umat Hindu di Bajulan untuk menyambut Nyepi. ” Ini serangkaia­n peringatan Nyepi,” ujarnya.

Menurut dia, dalam ritual Melasti, ada beberapa kegiatan yang perlu dilaksanak­an. Misalnya, pemujaan terhadap para dewa. Mereka membawa barang hasil alam di sekitar dan dilanjutka­n dengan tari rejang dewa yang dilaksanak­an tujuh anak perempuan yang masih gadis. Mereka, jelas Damri, masih dianggap suci untuk menyambut kedatangan para dewa.

”Disambut dulu dewanya, baru kami sucikan,” imbuhnya.

Setelah itu, Damri langsung memimpin jalannya acara penyucian yang disebut dengan patirtan. Hal itu dilakukan umat Hindu untuk menyucikan segala kesalahan agar dalam merayakan Nyepi dapat diterima.

Setelah melakukan ritual penyucian diri, sesaji yang telah dibawa akan dilarung di aliran Sungai Roro Kuning. ”Sesaji ini berupa hasil pangan serta hewan piaraan. Ini sebagai rasa syukur terhadap Sang Hyang Widi,” tuturnya.

Pantauan koran ini, warga yang turut menyaksika­n ritual tersebut cukup antusias. Bahkan, mereka rela berebut hasil alam yang dilarung umat Hindu. Mereka yakin hasil bumi itu bisa membawa berkah.

Misalnya, Fatimah, 20, warga sekitar, yang mengaku menyaksika­n Melasti setiap tahun. Dia menunggu hasil larungan tersebut. ”Ini saya dapat sayuran sama buah saja,” terangnya. (noe/c21/diq)

 ?? RINO HAYYU SETYO/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? GEMULAI: Para remaja putri membawakan tari Rejang Dewa dalam ritual perayaan Melasti di area Air Terjun Roro Kuning, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk, kemarin.
RINO HAYYU SETYO/JAWA POS RADAR KEDIRI GEMULAI: Para remaja putri membawakan tari Rejang Dewa dalam ritual perayaan Melasti di area Air Terjun Roro Kuning, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia