Jawa Pos

Ronaldo Menuju Legenda Eropa

-

LISBON – Cristiano Ronaldo sedang menjalani tahun-tahun paling luar biasa dalam karirnya. Setelah merebut gelar Euro 2016, menjadi pemain terbaik 2016, kini dia memecahkan rekor sebagai pemain aktif tersubur di Eropa dengan torehan 70 gol bersama timnas Portugal.

Ya, tambahan dua gol yang dilesakkan ke gawang Hungaria ketika menang 3-0 dalam kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona Eropa di Estadio da Luz kemarin dini hari membuatnya menulis nama di buku rekor. Dia nangkring di posisi keempat pemain paling subur di Eropa dalam laga internasio­nal.

Bintang Real Madrid berusia 32 tahun itu mengoleksi 70 gol dari 137 pertanding­an. Kini, namanya tergabung dengan para legenda yang mampu melewati 70 gol di ajang internasio­nal. Dia masih kalah banyak dibanding Ference Puskas (84 gol), Sandor Kocsis (75 gol), dan Miroslav Klose (71 gol).

Namun, Ronaldo masih berpeluang melampaui torehan itu. Sebab, dia masih aktif bermain dan masih sangat tajam di depan gawang lawan. ’’Itu bukan hal yang penting,’’ ucap Ronaldo saat ditanya awak media perihal capaian tersebut. ’’Yang utama saat ini adalah kami menang. Dan tim ini dalam jalur yang benar bertarung memperebut­kan tiket Piala Dunia,” tambahnya sebagaiman­a dilansir ESPN.

Kemenangan Portugal kemarin sendiri membuat mereka masih bertahan di peringkat kedua grup B. Tim asuhan Fernando Santos itu kini mengumpulk­an 12 poin dari empat kali menang dan sekali kalah. Swiss yang kemarin dini hari WIB juga menang 1-0 atas Latvia masih berada di puncak. Capaian mereka masih sempurna dengan meraih 15 poin dari lima pertanding­an.

Satu-satunya kekalahan yang diderita Portugal adalah saat mereka bersua Swiss pada partai pertama September lalu. Saat itu Portugal takluk dua gol tanpa balas. Keduanya bakal kembali bersua pada 10 Oktober dalam matchday pemungkas.

’’Dari titik ini, masih ada lima final tersisa bagi kami untuk menuju Piala Dunia,” ucap Santos. ’’Ini kemenangan yang cantik. Tapi, aku rasa kami masih bisa bermain lebih baik,’’ tambah pelatih 62 tahun tesebut. Selain dua gol Ronaldo, satu gol Portugal disumbang striker muda mereka, Andre Silva, pada menit ke-32. Pemain 21 tahun itu tampil apik dengan juga mencatat assist untuk gol kedua yang dicetak Ronaldo pada menit ke-36. Saat itu Silva melakukan umpan backheel terukur untuk Ronaldo di mulut gawang Hungaria pasca mendapat long pass dari Pepe. ’’Dia melakukan tugas dengan fenomenal,” terang Ronaldo tentang Silva. Satu gol Ronaldo lainnya tercipta pada menit ke-65. Dia mengekseku­sinya melalui tendangan bebas cantik dari jarak 16 meter di sisi kanan pertahanan Hungaria. (irr/c17/ham)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia