Jawa Pos

Pencucian Uang di Balik Trump-Putin

-

WASHINGTON – Kedekatan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Kremlin sedang menjadi sorotan. Selain Komite Intelijen Senat dan Komite Intelijen House of Representa­tives yang masih terus menggali data dan fakta, media tidak berhenti mencari informasi tentang hubungan istimewa tersebut.

Kemarin (29/3) USA Today menyajikan beberapa fakta tentang kedekatan Trump dengan Kremlin atau tepatnya Presiden Vladimir Putin dan kroninya. Menurut surat kabar yang berkantor pusat di McLean, Fairfax County, Negara Bagian Virginia, tersebut, hubungan dua tokoh dunia itu sudah terjalin baik selama beberapa dekade karena bisnis realestat.

Untuk mengembang­kan usahanya di sektor realestat, Trump yang ketika itu masih murni menjadi pebisnis merambah pasar Rusia. Sasarannya sudah jelas. Yakni, para miliarder dan penguasa yang menganut paham oligarki.

Demi bisnis, Trump mengabaika­n latar belakang dan sepak terjang para mitranya di Negeri Beruang Merah tersebut. Itulah yang membuat hubungan mereka diwarnai pencucian uang dan kriminalit­as.

Seiring berjalanny­a waktu, Trump juga menjalin kemesraan dengan FOP alias friends of Putin (temanteman Putin) yang tinggal di dalam dan luar Rusia. Khususnya di AS dan Asia Tengah. ’’Hasil pencucian uang dari orang-orang kepercayaa­n Presiden Putin-lah yang mengalir ke Trump Organizati­on. Jika mereka berhenti mengalirka­n dana, Trump Organizati­on akan hancur,’’ ungkap Ken McCallion, mantan jaksa federal AS.

Dia menyatakan, hubungan baik yang terjalin selama bertahunta­hun tersebut sedikit banyak berkontrib­usi pada kebijakan Trump. Dugaan itulah yang kini diselidiki Senat dan House of Representa­tives (DPR) serta FBI. Termasuk, apakah kedekatan Trump dan Kremlin itu pula yang mengantark­an taipan 70 tahun tersebut ke kursi presiden dalam pilpres tahun lalu.

Sejauh ini, senat maupun DPR dan FBI belum mendapat data maupun fakta yang secara gamblang membuktika­n dugaan tersebut. Namun, benang merah segala hal yang disangkaka­n terhadap Trump terkait dengan Rusia mulai terlihat. Dalam waktu dekat, senat menanyai Jared Kushner, menantu Trump, yang diyakini punya banyak informasi penting seputar hubungan sang presiden dengan Putin. (USAToday/hep/c5/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia