Jawa Pos

Sisihkan 10-15 Persen Untuk Piknik

-

gaji bulanan,’’ jelasnya.

Setelah itu, pilih tempat liburan yang bisa memuaskan semua anggota keluarga. Pastikan semua anggota keluarga setuju dengan destinasi wisata yang akan dituju. Dengan begitu, keluarga Anda tidak perlu melakukan perjalanan untuk yang kedua atau ketiga ke destinasi wisata lain.

Pertimbang­annya, tujuan liburan adalah refreshing dan menemukan hal-hal baru. Karena itu, sebelum memulai perjalanan, harus bisa dipetakan manfaat liburan tersebut bagi Anda dan keluarga. ’’Pastikan liburan Anda bermanfaat. Karena liburan itu mahal, jangan disia-siakan,’’ tegasnya.

Sebab, ketika Anda pergi berlibur, ada lima pos yang umumnya harus dipersiapk­an. Pertama, pos biaya transporta­si. Intinya, beda tujuan beda harga atau tarif. Kedua, pos biaya akomodasi. Biaya menginap di hotel pasti berbeda dengan menginap di rumah saudara. Ketiga, pos biaya makan dan minum yang mahal tidaknya sangat bergantung pada lokasi. Keempat, pos biaya berkunjung ke objek wisata. Kelima, pos biaya pembelian oleh-oleh.

Menurut Safir, kebanyakan orang Indonesia yang haus piknik berstatus karyawan. Mereka selalu mencari tanggal yang tepat atau long weekend untuk berlibur. ’’Mereka yang rekreasi biasanya ingin mencari kegiatan lain di luar rutinitas supaya tidak suntuk kerja terus,’’ ucapnya.

Karena itu, dia setuju jika ide liburan harus dituruti. Namun, banyak alasan yang membuat keluarga tidak bisa langsung berlibur. Selain masalah waktu, liburan biasanya tertunda karena masalah anggaran. ’’Kalau mengurangi rekreasi, efeknya nggak seger. Namun, liburan memang bisa membuat uang yang keluar lumayan besar. Jadi, semua harus dipersiapk­an,’’ katanya.

Untuk mencari hotel atau penerbanga­n murah, Anda bisa memesan jauh-jauh hari atau mengunjung­i travel fair yang rutin diselengga­rakan maskapai penerbanga­n. Biasanya banyak tiket promo yang harganya miring. Meski begitu, Safir menyaranka­n agar tetap mempertimb­angkan isi kantong. ’’Pilih yang sesuai bujet. Pastikan tidak berlebih,’’ sarannya.

Yang tak kalah penting, kata Safir, setiap perjalanan yang menggunaka­n moda transporta­si harus diasuransi­kan. Dengan demikian, risiko kerugian saat terjadi kecelakaan bisa dimini diminimalk­an. ’’Tidak ada yang tahu dalam perjalanan ada kendala. Pikirkan risiko lain. Dengan asuransi, liburan bisa aman dan tenang,’’ ujarnya.

BERLIBUR memang menyenangk­an. Namun, bagi sebagian orang, berlibur merupakan sesuatu yang sulit. Entah sulit dalam menentukan waktu atau mencari dana untuk liburan. Jika masalahnya adalah uang, sebenarnya cukup banyak cara agar Anda dan keluarga bisa berlibur dengan tenang.

Liburan yang asal-asalan sering membuat kantong Anda cepat kempes. Ujung-ujungnya, Anda malah tidak mampu membayar kebutuhan untuk pos-pos keuangan yang lain. Karena itu, liburan yang hebat harus direncanak­an sejak lama. Lalu, bagaimana cara menyiasati­nya? Perencana keuangan Safir Senduk memberikan tip agar Anda dan keluarga tetap bisa berlibur tanpa harus mengorbank­an pos anggaran untuk kebutuhan yang lain. Kuncinya adalah mencari waktu yang tepat dan harga yang hemat.

’’Rekreasi itu biasanya di dalam kota. Kalau sudah luar kota, itu liburan,’’ ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin (29/3).

Dalam hal menabung untuk liburan, Safir memberikan tip mengelola keuangan keluarga agar kantong tidak terku terkuras habis hanya untuk sesaat. ’’Jadikan liburan sebagai

cost pengeluara­n bulanan. Siapkan bujet untuk empat orang. Misalnya, sisihkan minimal 10–15 persen dari

 ?? AGUS WAHYUDI/JAWA POS ?? BERMANFAAT: Sebelum berlibur, rencanakan dengan matang biaya dan waktunya. Pastikan setelah berlibur tidak membuat kantong terkuras habis dan perjalanan menyenangk­an bagi semua keluarga.
AGUS WAHYUDI/JAWA POS BERMANFAAT: Sebelum berlibur, rencanakan dengan matang biaya dan waktunya. Pastikan setelah berlibur tidak membuat kantong terkuras habis dan perjalanan menyenangk­an bagi semua keluarga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia