Jawa Pos

BANDARA KERTAJATI BEROPERASI AWAL 2019

-

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat berharap pembanguna­n Bandara Internasio­nal Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, bisa selesai pada awal 2019. Dengan demikian, proyek yang biasa disebut Bandara Kertajati itu akan membuka akses transporta­si udara bagi masyarakat Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pemerintah pusat benar-benar serius dan berkomitme­n menyelesai­kan proyek tersebut. Apalagi Presiden Jokowi Widodo telah meminta pembanguna­n Bandara Kertajati rampung akhir 2018. Untuk itu, pembanguna­nnya terus dikebut. ”Mudah-mudahan kalau meleset, ya awal 2019,” katanya.

Berdasar pantauan Aher, saat ini pembanguna­n landasan pacu (runway) pesawat dan terminal tahap I telah selesai sesuai rencana. Lalu, akan dilanjutka­n ke pembanguna­n tahap II. ”Kami bertugas memastikan lahannya tersedia. Kami harus cicil dari sekarang pembebasan lahannya,” kata dia.

Bandara Kertajati merupakan proyek bersama antara Kementeria­n Perhubunga­n, pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan beberapa investor swasta. Kemenhub membangun sisi udara seperti pembanguna­n landas pacu (runway), area parkir pesawat (apron), jalur pesawat (taxi way), dan pagar pengaman sekeliling bandara.

Sementara itu, PT BIJB —yang merupakan perusahaan gabungan dengan porsi 51 persen saham Pemprov Jabar dan 49 persen swasta— membangun sisi darat seperti terminal penumpang, dan infrastruk­tur pendukung lainnya. Bandara itu ditargetka­n bisa menampung 5 juta sampai dengan 11 juta penumpang per tahun.

Bandara Kertajati memiliki lahan seluas 1.000 hektare dan akan dikembangk­an melalui pembebasan lahan menjadi seluas 1.800 hektare. Bandara tersebut nanti mampu didarati pesawat berbadan lebar jenis B747 dan B777. Wilayah Bandara Kertajati akan disulap menjadi aerotropol­is, yakni konsep pengembang­an kota berbasis bandara atau ”airport city”.

 ??  ??
 ??  ?? PRESTISIUS : Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembanguna­n Bandara Internasio­nal Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka yang ditarget beroperasi pada awal 2019.
PRESTISIUS : Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembanguna­n Bandara Internasio­nal Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka yang ditarget beroperasi pada awal 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia