Jawa Pos

Duet Eks Chelsea vs Arema di Laga Pembuka

-

BAGAIMANA menghentik­an gebrakan Michael Essien dari tengah dan meredam ancaman Carlton Cole di kotak penalti? Barangkali itulah yang mulai harus dipikirkan pelatih Arema FC Aji Santoso. Sebab, tim asuhannya bakal dijamu Persib Bandung dalam laga pembuka Liga 1 pada 15 April. Dan, besar kemungkina­n dua mantan pemain Chelsea tersebut diturunkan Persib.

Kemungkina­n itu terbuka setelah Cole dinyatakan lolos tes medis di Indonesia Sports Medicine Centre, Jakarta, kemarin (29/3). Laboratori­um tersebut pula yang menguji kesehatan Essien sebelum resmi meneken kontrak dengan Persib pada 14 Maret lalu dengan status marquee player.

’’Tes kesehatan sudah dilakukan secara lengkap dan menyeluruh dan Cole dinyatakan sehat dan bebas dari cedera,’’ kata Matheo, agen Cole.

Karena itu, mantan penyerang Chelsea dan West Ham United tersebut hampir pasti segera mengikuti jejak Essien meneken kontrak dengan Maung Bandung, julukan Persib. ’’Cole pemain bagus. Di usianya yang sekarang (33 tahun, Red), dia masih bisa memberikan banyak kontribusi kepada sepak bola Indonesia,’’ ujar Matheo.

Dalam tes medis selama empat jam tersebut, Cole menjalani beberapa tahapan. Mulai treadmill, uji kemampuan fisik serta pernapasan, tes kekuatan lutut, sampai kejernihan urine. ’’Hasilnya bagus kok dan Cole sudah bisa menjalani kompetisi yang panjang,’’ jelas dia.

Sebelumnya, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengatakan bahwa Cole sangat berpeluang menjadi salah seorang pemain besutannya. Sebab, salah satu syarat utama eks pemain Celtic FC itu bisa bergabung dengan Persib adalah harus memiliki riwayat kesehatan yang bagus. Alias tidak memiliki cedera bawaan serius.

Sementara itu, di Bandung, Essien menyatakan tidak mempermasa­lahkan cuaca di Indonesia. ’’Saya lahir di Afrika dan Afrika jauh lebih panas dari Indonesia. Jadi, cuaca di Indonesia bukan masalah buat saya,’’ ujar Essien dalam jumpa pers di Graha Persib, Bandung, kemarin (29/3) sebagaiman­a dilansir Radar Bandung ( Jawa Pos Group).

Essien juga menepis anggapan bahwa bermain di Asia tidak bagus untuk karir seorang pemain kelas dunia seperti dirinya. ’’Saya datang ke sini memilih Persib dan saya sangat senang. Saya hanya ingin menikmati sepak bola,’’ lanjutnya.

Essien juga tak mempermasa­lahkan soal fasilitas yang diterima. Sebab, pemain yang akan bernomor punggung 5 itu menganggap semua fasilitas dalam sepak bola sama.

Meski belum berlatih bersama Persib, Essien sangat kagum dengan antusiasme Bobotoh. Karena itu, dia akan membalasny­a dengan prestasi. (ben/pra/JPG/c19/ttg)

 ?? MATHEO FOR JAWA POS ?? LOLOS: Carlton Cole (dua dari kiri) dan Matheo (dua dari kanan) setelah tes medis di Indonesia Sports Medicine Centre kemarin (29/3).
MATHEO FOR JAWA POS LOLOS: Carlton Cole (dua dari kiri) dan Matheo (dua dari kanan) setelah tes medis di Indonesia Sports Medicine Centre kemarin (29/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia