Jawa Pos

Bikin Azzurri Percaya Diri

-

AMSTERDAM – Fred Grim melakukan beberapa perubahan saat membuat debut sebagai karteker Belanda. Grim tetap memakai formasi 4-3-3 dan memainkan mayoritas amunisi peninggala­n Danny Blind. Namun, dia berani mengistira­hatkan Arjen Robben. Posisi kapten yang sebelumnya dijabat Robben juga diserahkan kepada Kevin Strootman. Perubahan lainnya, trisula lini depan dipercayak­an kepada Jeremie Lens, Memphis Depay, dan Quincy Promes.

Hasilnya? Dari sisi permainan, publik Amsterdam Arena puas. Sebab, Oranje –julukan timnas Belanda– bermain lebih garang. Itu ditunjukka­n lewat statistik saat menjamu Italia pada laga uji coba kemarin.

Belanda lebih sering melepaskan tembakan ke gawang. Total 9 tembakan dilepaskan Kevin Strootman dkk dengan 4 di antaranya tepat sasaran. Bandingkan saat mereka kalah 0-2 oleh Bulgaria pada kualifikas­i Piala Dunia 2018 (26/3). Saat itu Belanda melepaskan 4 tembakan dan hanya 2 yang on target.

Meski lebih garang, hasil akhirnya tetap sama. Belanda harus menyerah 1-2 oleh Italia. Tuan rumah sempat unggul lewat gol bunuh diri Alessio Romagnoli pada menit ke-10. Namun, semenit kemudian, Eder bisa menyamakan skor. Gol penentu kemenangan Italia diceploska­n Leonardo Bonucci (32’).

’’Aku butuh pemain yang lebih banyak bergerak untuk memecah pertahanan Italia,’’ ucap Grim sebagaiman­a dilansir Te

soal keputusann­ya memasang trio Lens, Depay, dan Promes. Selain aktif menyerang, tiga pemain itu aktif membantu partahanan ketika Italia melakukan counteratt­ack.

’’ Kami sudah berjuang untuk setiap meternya. Kali ini kami tampil lebih baik dibanding melawan Bulgaria. Namun, pekan ini memang buruk bagi Belanda,’’ sambung Depay kepada Daily Mail.

Kekalahan tersebut menjadi sinyal kuat bagi KNVB alias Federasi Sepak Bola Belanda untuk segera mencari pelatih baru. Sebab, Grim memang bukan solusi untuk mengangkat performa Oranje. Apalagi, Oranje harus kembali berjuang merebut tiket Piala Dunia 2018 pada 9 Juni mendatang. Mereka akan menjalani matchday keenam kontra Luxemburg di Rotterdam.

Sebaliknya, kemenangan atas Belanda di Amsterdam membuat Gli Azzurri –julukan timnas Italia– percaya diri. Pelatih Giampiero Ventura optimistis timnya bisa membuat kejutan di Piala Dunia 2018.

’’Kemenangan ini sangat penting buat citra dan mentalitas yang sedang kita bangun,’’ kata Ventura kepada La Gazzetta dello Sport. ’’ Jika terus bermain seperti ini, kami bisa membuat kejutan,’’ tandasnya. (irr/c19/bas)

 ?? JOHN THYS/AFP PHOTO ?? MAKIN REMUK: Aksi Leonardo Bonucci (kanan) saat menjebol gawang Belanda di Amsterdam Arena kemarin. Laga ini menjadi debut Fred Grim sebagai karteker.
JOHN THYS/AFP PHOTO MAKIN REMUK: Aksi Leonardo Bonucci (kanan) saat menjebol gawang Belanda di Amsterdam Arena kemarin. Laga ini menjadi debut Fred Grim sebagai karteker.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia