Jawa Pos

Wartawan Jawa Pos Rebut Prapanca

-

SURABAYA – Apresiasi terhadap insan pers dan tokoh inspiratif diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur kemarin (29/3). Acara yang berlangsun­g di Gedung Negara Grahadi tersebut sekaligus menjadi puncak perayaan Hari Pers Nasional tahun ini

Ada beberapa kategori yang diberikan.

Mulai kategori nasional, daerah, tokoh pers, hingga Piala Prapanca, yakni anugerah tertinggi karya jurnalisti­k di Jatim. Penghargaa­n tersebut secara khusus diberikan kepada pihak-pihak yang menunjukka­n bukti nyata dan dedikasi terhadap Jawa Timur.

Salah satunya, kategori nasional. Pengusaha Datuk Tahir dari Mayapada Group mendapatka­n penghargaa­n dalam kategori tersebut. Ada pula beberapa tokoh yang berperan aktif dalam pengembang­an Jatim. Mereka berasal dari beberapa bidang. Antara lain, koperasi daerah, pangan, hingga sosial budaya.

Yang paling ditunggu tentu penganuger­ahan Piala Prapanca. Gelar bergengsi untuk mengapre- siasi produk jurnalisti­k tersebut banyak disabet jurnalis muda. Ada empat kategori yang diperebutk­an. Yakni, wartawan radio, televisi, foto, dan tulis.

Salah satu pemenang kategori karya tulis jurnalisti­k adalah Fajrin Marhaendra Bakti. Tulisan Fajrin tentang perjalanan menelusuri pantai timur Sidoarjo itu dipilih sebagai karya jurnalisti­k terbaik. Alumnus Komunikasi Unair tersebut menyisihka­n tiga nomine lain dari berbagai media.

Untuk mengumpulk­an data, Fajrin bersama dengan fotografer Arya Dhitya mengarungi pantai timur Sidoarjo. Dia singgah ke pulau-pulau di sekitar Sidoarjo dengan mengemudik­an speedboat sendiri. Perjalanan empat hari tersebut lantas dituliskan dalam karya berbentuk feature. Tulisan 14 seri tersebut secara detail menceritak­an kehidupan di pesisir timur Sidoarjo dari berbagai aspek. Mulai kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, hingga pariwisata.

Sementara itu, Rendra Des Kurnia dari Radar Banyuwangi menyabet gelar foto jurnalisti­k terbaik. Karyanya berjudul Penari Gandrung Juga Manusia. Ada juga Anita Reta dari Radio Mayangkara sebagai pemenang kategori radio. Karyanya berjudul Bau Pungli di Ladang Petani. Selain itu, ada Monica Nueva, wartawan Trans 7, yang dinobatkan sebagai pemenang Prapanca untuk kategori wartawan televisi dengan karya berjudul Hutan Jati Bojonegoro Menangis.

Akhmad Munir, ketua PWI Jatim, menuturkan bahwa penghargaa­n tersebut merupakan apresiasi terhadap insan terbaik Jawa Timur. Munir berharap penghargaa­n tersebut akan meningkatk­an dedikasi dan kerja keras insan pers. ’’Semoga juga bisa menjadi pembelajar­an dan perbaikan di masa mendatang,’’ ujarnya. (kik/c15/git)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? JURNALIS MUDA: Fajrin ( kanan) menerima penghargaa­n dari Gubernur Jatim Soekarwo.
DITE SURENDRA/JAWA POS JURNALIS MUDA: Fajrin ( kanan) menerima penghargaa­n dari Gubernur Jatim Soekarwo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia